Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukcapil Apresiasi BNI Beri Kemudahan Diaspora di Hong Kong

Minggu, 24 September 2023 09:26 WIB
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri mengapresiasi BNI yang telah memberikan kemudahan terkait kependudukan bagi para diaspora Indonesia di Hong Kong
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri mengapresiasi BNI yang telah memberikan kemudahan terkait kependudukan bagi para diaspora Indonesia di Hong Kong

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri memberi apresiasi kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI yang proaktif memberikan kemudahan terkait kependudukan bagi diaspora Indonesia di Hong Kong.

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengatakan isu terkait data kependudukan diaspora di luar negeri tergolong sangat penting.

Terlebih, diaspora Indonesia mencapai lebih dari 8 juta dan membutuhkan data kependudukan yang baik sehingga dapat menikmati berbagai fasilitas umum dan sosial yang diberikan pemerintah.

Baca juga : Dorong Duta Digital Go Global, BNI Rangkul PPI Hong Kong

Menurutnya, BNI adalah bank milik negara yang memiliki channel outlet di 7 negara dan dibarengi dengan penyelenggaraan program inovatif untuk merangkul diaspora dalam mengakses layanan perbankan.

"BNI proaktif membantu Dukcapil. Kami bersyukur bisa bekerja sama dengan BNI untuk memberikan pelayanan dan kemudahan untuk para diaspora dari Indonesia,” ungkap Teguh dalam keterangannya, Minggu (24/9).

Lebih lanjut Teguh mengatakan, BNI menjadi bank pertama yang memberikan dukungan kepada Dukcapil dalam sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan Nomor Identitas Tunggal (NIT) bagi diaspora di Hong Kong.

Baca juga : BNI Dukung Sosialisasi NIT dan IKD Dukcapil Untuk Diaspora di Hong Kong,

IKD sendiri merupakan informasi kependudukan elektronik untuk merepresentasikan dokumen identitas penduduk secara digital.

Sementara itu, NIT merupakan tanda pengenal masyarakat Indonesia di Hong Kong sebagai alat pemetaan potensi dan jejaring untuk kepentingan nasional dan pengakuan eksistensi kewarganegaraan.

“Dukungan dari BNI ini sangat penting karena dengan sosialisasi IKD dan NIT ini juga akan tercipta sikronisasi bagi WNI di Hong Kong untuk mendapatkan layanan perbankan yang aman dan legal dari BNI,” pungkas Teguh. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.