Dark/Light Mode

Mendagri Apresiasi Pameran ITE Di JIExpo Kemayoran

Rabu, 30 Agustus 2023 14:34 WIB
Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Managing Director PT Napindo Media Ashatama, Arya Seta Wiriadipura membuka acara Integrated Technology Event ITE 2023 di JIEXPO, Rabu (30/8). Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka
Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Managing Director PT Napindo Media Ashatama, Arya Seta Wiriadipura membuka acara Integrated Technology Event ITE 2023 di JIEXPO, Rabu (30/8). Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendagri Apresiasi Pameran ITE Di JIExpo Kemayoran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengapresiasi digelarnya pameran Integrated Technology Event (ITE), di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (30/8).

Acara ini, menghadiran ragam solusi indformasi, teknologi dan bisnis untuk pengembangan Kota Pintar.

"Forum seperti pameran, dan eksibisi ini sangat penting bagi para providers, exhibitors untuk menyampaikan apa penemuan baru mereka," ujar Tito, saat membuka acara.

Mendagri mengatakan, para pengguna teknologi baik government atau non-government, private sectors, perlu mengetahui dan melihat tentang penemuan baru ihwal teknologi. Sehingga, teknologi baru bisa membantu dibanding teknologi sebelumnya.

Baca juga : Ganjar Apresiasi Pemuda Muhammadiyah Manfaatkan Bonus Demografi Lewat Pendidikan

"Mungkin akan lebih efektif, lebih simpel, lebih membantu dibanding teknologi sebelumnya," katanya.

Project Director PT Napindo Media Ashatama (Napindo), Agung Wicaksono dalam laporannya menyampaikan bahwa ITE tahun ini dilaksanakan di area seluas 6.339 sqm, diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari 28 negara, termasuk di dalamnya 6 Paviliun Negara, antara lain Indonesia, Tiongkok, Jerman, Korea Selatan, Swiss, dan Taiwan.

Agung menegaskan, ITE 2023 menjadi pameran yang spesial karena menampilkan beragam perkembangan teknologi digital mutakhir yang menjadi fitur utama penyediaan kota cerdas.

Kegiatan ini menghubungkan berbagai pihak dan pemangku kepentingan sekaligus menyediakan peluang investasi yang diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian dan percepatan pengembangan kota cerdas di Tanah Air.

Baca juga : Masyarakat Palue Apresiasi Kepedulian Kapolri Gelar Bakti Kesehatan

"Mari kita jadikan acara ini sebagai kesempatan untuk berkoneksi, belajar, dan merayakan potensi tak terbatas yang teknologi tawarkan dengan semangat melangkah bersama menuju era teknologi terintegrasi," pungkas Agung.

Diketahui, pameran dan Forum Teknologi Terpadu (Integrated Technology Event) 2023 merupakan hasil kolaborasi Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan bersama PT Napindo Media Ashatama, yang merupakan bentuk komitmen pemerintah pusat dalam memenuhi informasi dan bisnis pelaku industri teknologi dan penyedia solusi kota cerdas.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga mengintegrasikan sektor pendukung kota cerdas mulai dari pengelolaan air bersih, pengelolaan limbah, pengelolaan sistem keamanan, proteksi kebakaran, dan sistem transportasi cerdas.

Sehingga, dapat menjadi wadah yang tepat untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Baca juga : Cek Jalur Kereta Hingga Normalisasi Saluran, KAI Komit Utamakan Keselamatan

Integrated Technology Event (ITE) 2023 terdiri dari rangkaian pameran dan forum internasional: Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City 2023 Expo & Forum.

Acara ini, digelar selama tiga hari, medio 30 Agustus - 1 September 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta. ITE 2023 menargetkan dikunjungi lebih dari 15 ribu pengunjung yang akan menikmati beragam pameran internasional dan juga forum yang dapat meningkatkan kompetensi dan menghasilkan beragam insight untuk pengembangan kota cerdas dan elemen pendukungnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.