Dark/Light Mode

Oktober, Bandara Kualanamu Buka Penerbangan Ke Amsterdam

Sabtu, 28 September 2019 06:17 WIB
Bandara Kualanamu. (Foto: Angkasa Pura II).
Bandara Kualanamu. (Foto: Angkasa Pura II).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Kualanamu makin meluaskan rute penerbangan internasionalnya. Mulai 1 Oktober mendatang, bandara yang dikelola Angkasa Pura II (AP II) ini bakal nyambung dengan Bandara Schiphol Amsterdam.

VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengatakan, dengan dibukanya rute tersebut semakin menegaskan Bandara Kualanamu sebagai hubungan penerbangan internasional.

Adapun yang melayani penerbangan tersebut adalah Garuda Indonesia.

Baca juga : Pasca Gempa, Bandara Dan Pelabuhan Di Ambon Berfungsi Normal

"Angkasa Pura II bekerja sama dengan Garuda Indonesia membuka sejumlah penerbangan long haul dari Kualanamu menuju kotakota di Eropa. Pada 16 Juli 2019 Garuda telah melayani penerbangan Kualan amulondon. Kemudian pekan depan mulai dibuka Kualanamu Amsterdam,” kata Yado di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, posisi Kualanamu sangat strategis menjadi hubungan penerbangan internasional. Di samping itu juga, peran Garuda Indonesia sangat penting untuk merealisasikannya.

Untuk diketahui, rute penerbangan Kualanamu Amsterdam dibuka per 1 Oktober 2019 oleh Garuda Indonesia. Frekuensinya enam kali dalam seminggu. Penerbangan tersebut dioperasikan setiap Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Baca juga : BI Dan Bank Malaysia Perkuat Kerja Sama Sistem Pembayaran

Kualanamu saat ini sudah dioperasikan sejumlah rute internasional. Di antaranya ke Penang, Ipoh dan Kuala lumpur (Malaysia), Singapura, Bangkok (Thailand), Madinah dan Jeddah (arab Saudi), london (Inggris), Hong Kong.

Adapun maskapai yang melayani penerbangan internasional di Kualanamu seperti Garuda Indonesia, Air Asia Group, lion air Group, Sriwijaya, Silk Air, dan Malaysia airlines.

“Kualanamu adalah bandara terbesar kedua yang dioperasi kan oleh angkasa Pura II, setelah Soekarno Hatta. Saat ini kami juga tengah fokus dengan rencana pengbangan Kualanamu,” tutur Yado.

Baca juga : Diperluas, Bandara Hasanuddin Makassar Ditargetkan Tampung 15 Juta Penumpang

Dia mengatakan, pengembangan Kualanamu ke depannya mencakup peningkatan kapasitas terminal. Dari saat ini 8 juta penumpang per tahun menjadi 17 juta penumpang per tahun.

Di samping itu, angkasa Pura II juga akan mengembangkan kawasan aerocity di atas lahan seluas 200 hektare di lingkungan Kualanamu. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.