Dark/Light Mode

Selular Media Network: Operator Telekomunikasi Topang Perekonomian Digital

Senin, 2 Oktober 2023 16:27 WIB
CEO Selular Media Network, Uday Rayana mengatakan infrastruktur digital, termasuk jaringan telekomunikasi, pusat data dan platform digital merupakan tiang utama yang menopang industri digital. (Foto: Istimewa)
CEO Selular Media Network, Uday Rayana mengatakan infrastruktur digital, termasuk jaringan telekomunikasi, pusat data dan platform digital merupakan tiang utama yang menopang industri digital. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - CEO Selular Media Network, Uday Rayana mengatakan infrastruktur digital, termasuk jaringan telekomunikasi, pusat data dan platform digital merupakan tiang utama yang menopang industri digital.

Tanpa infrastruktur yang kuat dan handal, kata Uday, bisnis dan perekonomian digital tidak akan berkembang.

"Infrastruktur digital yang baik adalah landasan yang diperlukan untuk menghubungkan masyarakat, memfasilitasi transaksi online, dan mengaktifkan layanan digital lainnya.

Baca juga : Muhammadiyah Optimistis Berkontribusi Untuk Perekonomian Bangsa

Operator telekomunikasi adalah pilar dalam menopang industri dan perekonomian digital di Indonesia, serta akan terus berperan penting di masa depan," kata Uday pada acara Selular Business Forum (SBF) Tahun 2023 di Restoran Beautika Manado, Panglima Polim, Jakarta, Senin (2/10).

Kata Uday, operator seluler bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara infrastruktur telekomunikasi yang kuat dan handal. Sehingga memungkinkan bisnis digital, layanan publik digital dan inovasi lainnya untuk berkembang dengan optimal.

"Keberhasilan industri dan perekonomian digital Indonesia sangat tergantung pada peran operator telekomunikasi dalam menyediakan konektivitas yang luas, cepat dan andal kepada masyarakat, serta membantu menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan inovatif,” ujar Uday.

Baca juga : Geledah Rumah Dinas Mentan SYL, KPK Temukan Uang Puluhan Miliar

Dengan pemahaman ini, dia bilang, penting bagi Pemerintah untuk memberikan dukungan yang kuat, dan memastikan kondisi yang kondusif bagi operator telekomunikasi.

"Kolaborasi yang erat antara operator telekomunikasi, Pemerintah dan sektor lainnya akan membantu memajukan industri dan perekonomian digital Indonesia, serta mempersiapkan masa depan yang lebih cerah di era digital yang terus berkembang,” jelas dia.

Sekadar informasi, pada acara diskusi SBF 2023 ini turut dihadiri Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo, Denny Setiawan; Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Keuangan, dan Wawan Sunarjo; Direktur Telekomunikasi.

Baca juga : Kebutuhan Pekerja IT Kian Tinggi, Data Academy Kreasikan Talent Pool Digital

Hadir pula Anggota Asosiasi Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (ATSI), Rudi Purwanto; Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif; dan Direktur Ekonomi Digital CELIOS Nailul Huda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.