Dark/Light Mode

Yosa Rosario Raih Humanitarian and Voluntary Leadership di TOYP Award 2023

Selasa, 3 Oktober 2023 11:36 WIB
Yosa Rosario (kanan) saat meraih penghargaan Humanitarian and Voluntary Leadership di Event TOYP Award 2023. (Foto: Istimewa)
Yosa Rosario (kanan) saat meraih penghargaan Humanitarian and Voluntary Leadership di Event TOYP Award 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yosa Rosario, seorang entrepreneur muda yang telah memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi agraris dan maritim di Indonesia.

Lulusan Teknik Elektro dari ITS tahun 2013 ini telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin di bidangnya.

Yosa yang lahir di Surabaya, 9 Mei 1989, berperan aktif mendorong kemajuan Teknologi Agraris dan Maritim di Indonesia menerima penghargaan pada acara Award TOYP (Ten Outstanding Young Person) 2023 yang diselenggarakan oleh Junior Chamber International (JCI).

JCI adalah suatu gerakan global orang-orang muda yang aktif membuat suatu perubahan positif dan membantu mencari solusi bagi tantangan terbesar di era ini.

Baca juga : Fraksi PKB Raih Anugerah Peduli Kesejahteraan Masyarakat Desa KWP Award 2023

JCI menginspirasi para pemuda untuk mengenali tanggung jawab mereka selaku warga dunia agar dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Ten Outstanding Young Person (TOYP) menjadi acara rutin tahunan JCI Indonesia yang bertujuan mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada para pemimpin muda yang membentuk masa depan Indonesia.

Pada Februari 2014, Yosa memulai perjalanan karirnya sebagai entrepreneur dengan mendirikan PT NPC Laboratorium Indonesia, sebuah perusahaan yang awalnya berfokus pada pengembangan teknologi drone untuk berbagai keperluan, baik sipil maupun militer.

PT NPC Laboratorium Indonesia adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan teknologi drone dan inovasi dalam sektor agraris dan maritim.

Baca juga : PLN Indonesia Power Raih 2 Penghargaan ASIAN Technology Excellence Awards

Perjalanannya keliling Indonesia mengubah fokus risetnya, memimpinnya ke penelitian aplikatif, terutama dalam sektor Agraris dan Maritim.

Yosa bermitra dengan Elon Farm dalam pengembangan teknologi Aquaponik, yang merupakan inovasi berkelanjutan dalam pertanian.

Selain itu, ia mendirikan PT Aria agri Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan solusi mekanisasi dalam industri perkebunan dan pertanian.

PT Aria Agri Indonesia perusahaan yang berkomitmen pada mekanisasi dalam industri perkebunan dan pertanian di Indonesia.

Baca juga : Sampoerna Academy Hadirkan Harvard Young Global Leaders Program

Selama bertahun-tahun, Yosa juga aktif dalam membangun program pendidikan yang menitikberatkan pada penggunaan drone.

Baginya, drone adalah robot yang mampu mengubah dunia industri. Yosa berharap program pendidikan ini akan melahirkan lebih banyak tenaga ahli yang mampu memanfaatkan drone untuk menyelesaikan pekerjaan rutin dalam skala yang lebih luas, terutama dalam sektor agraris dan maritim.

"Visi saya adalah membuat Indonesia mandiri di sektor agraris dan maritim," kata Yosa dalam keterangannya, Selasa (3/10).

 Ia ingin melihat penggiat industri agraris dan maritim di Indonesia menghasilkan panen berkualitas tinggi dan berlebihan berkat pendidikan dan penerapan teknologi ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.