Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Batik Nasional, BNI Dukung Pagelaran Istana Berbatik

Selasa, 3 Oktober 2023 17:49 WIB
Dirut BNI Royke Tumilaar kanan di acara Istana Berbatik yang dilaksanakan di kawasan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (1/10). (Foto: Dok. BNI)
Dirut BNI Royke Tumilaar kanan di acara Istana Berbatik yang dilaksanakan di kawasan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (1/10). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif mendukung preservasi batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia dalam berbagai program pembiayaan, hingga pendampingan pelaku UMKM.

Perseroan juga proaktif mendukung sosialisasi batik melalui berbagai program pameran hingga penggunaan batik dalam operasional perbankan sehari-hari.

Kali ini, BNI bersama Kementerian BUMN mendukung persembahan acara Istana Berbatik yang dilaksanakan di kawasan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (1/10).

Baca juga : 2 Eks Pegawai KPK Dikonfirmasi Soal Temuan Dokumen Penggeledahan Kementan

Perhelatan yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini bertepatan dengan penyambutan Hari Batik yang dirayakan setiap 2 Oktober.

Perhelatan ini sekaligus menunjukkan kebanggaan atas batik yang selalu ditanamkan oleh Kementerian BUMN kepada seluruh pegawai di lingkungan Kementerian BUMN dan BUMN.

Istana Berbatik merupakan rangkaian pagelaran busana batik yang dilengkapi dengan pertunjukan musik dan tari oleh para penggiat seni ternama nasional. Kegiatan ini juga menghadirkan pameran produk batik berkualitas yang merepresentasikan keberagaman batik Indonesia.

Baca juga : Peringati Hari Batik Nasional, Mendikbduristek Resmikan Museum Batik Indonesia

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan Istana Berbatik merupakan pagelaran yang merupakan cerminan kebanggaan atas Batik sebagai warisan budaya dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

“BNI sangat bangga dapat menjadi bagian dari gelaran Istana Batik yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ini merupakan wujud komitmen BNI sebagai bank milik negara dalam melestarikan budaya khususnya batik,” ujar Royke dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (2/10).

Sekadar informasi, pagelaran Istana Berbatik diisi oleh peragaan busana bernuansa Batik Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Serta menampilkan beragam Batik Nusantara yang akan diperagakan oleh para pejabat pemerintah, pemerhati budaya, hingga publik figur.

Baca juga : 20 Kata-kata Selamat Hari Batik Nasional, Bikin Caption Foto di Instagram Keren

Royke menuturkan, selain melestarikan batik, gelaran Istana Berbatik ini juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkuat industri kreatif dalam negeri khususnya kategori fesyen.

"Sebagai bank milik negara tentu kelestarian batik merupakan salah satu tanggung jawab bagi kami. Kami proaktif mengembangkan program pembiayaan, pendampingan pelaku UMKM, pameran lokal hingga internasional, serta mandatori penggunaan batik dalam operasional perbankan sehari-hari," ujar Royke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.