Dark/Light Mode

UMKM Binaan PLN UID Jaya Raih Omset Rp 76 Juta di Inacraft 2023

Kamis, 12 Oktober 2023 21:09 WIB
Diny Darmawan Prasodjo, istri Direktur Utama PT PLN (Persero), saat melihat karya UMKM binaan Hub UMK Jakarta Raya. (Foto: Istimewa)
Diny Darmawan Prasodjo, istri Direktur Utama PT PLN (Persero), saat melihat karya UMKM binaan Hub UMK Jakarta Raya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengajak UMKM binaan Hub UMK Jakarta Raya berpartisipasi pada Inacraft 2023 (The Jakarta International Handicraft Trade Fair), di Jakarta Convention Center (JCC), Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Pada event yang digelar 4-8 Oktober 2023 tersebut, UMKM binaan Hub UMK Jakarta Raya meraih penjualan total sebesar Rp 76 juta. Ini merupakan penjualan tertinggi di antara UMKM lain binaan PLN.

Baca juga : PLN UID Jakarta Raya Dorong UMKM Binaan Ramaikan Inacraft 2023

Sebanyak 4 UMKM Hub UMK Jakarta bergabung dalam Inacraft 2023. Keempatnya yaitu UMK Batikalf yang menjual pakaian dan batik cap betawi, UMK Jenaka yang menjual pakaian dari kain khas nusantara, UMK Zee Collection yang menjual sepatu, tas, dan kain nusantara dengan metode eco print, serta UMK Ichinogami menjual berbagai papercraft dengan karakter unik.

Rezki Rangkuti, pemilik UMK Jenaka, sangat senang produk buatannya bisa dijual di Inacraft. "Senang banget jadi binaan PLN, bisa tampil di Inacraft karena sudah lama pengin ikut Inacraft. Saya jadi makin semangat buat desain-desain baru. Semoga tahun depan bisa ikutan Inacraft lagi," ungkap Rezki.

Baca juga : Top! UMKM Pertamina Raup Transaksi Hingga Rp 3,36 Miliar di Pameran Inacraft

Inacraft merupakan acara tahunan di kalangan pengrajin handicraft dan pemerhati bidang kerajinan yang diselenggarakan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI). Tidak hanya itu, Inacraft juga menjadi pameran kerajinan terbesar di Asia.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengungkapkan, PLN terus mendukung UMKM binaan PLN agar bisa terus berkembang dan meningkatkan omset penjualannya.

Baca juga : Ini 2 UMKM Binaan BNI Xpora Yang Dikunjungi Presiden di Inacraft On October 2023

"UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, mulai dari meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, hingga menjadi tempat inovasi dan kreativitas. Oleh karena itu, PLN selalu mendukung kegiatan UMKM yang dapat mendatangkan manfaat bagi sekitar," ungkap Lasiran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.