Dark/Light Mode

PLN UID Jakarta Raya Dorong UMKM Binaan Ramaikan Inacraft 2023

Rabu, 11 Oktober 2023 13:59 WIB
UMK Batikalf yang menjual pakaian dan batik cap betawi menjadi salah satu favorit para pengunjung Inacraft 2023. (Foto: Istimewa)
UMK Batikalf yang menjual pakaian dan batik cap betawi menjadi salah satu favorit para pengunjung Inacraft 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya ajak UMKM binaan Hub UMK Jakarta Raya ikuti Inacraft 2023 (The Jakarta International Handicraft Trade Fair).

Dalam pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Gelora Bung Karno (GBK) pada tanggal 4-8 Oktober 2023, UMK Jakarta Raya raih penjualan sebesar Rp 76 juta, tertinggi diantara UMKM lain binaan PLN.

Sebanyak 4 UMKM Hub UMK Jakarta yang bergabung dalam Inacraft 2023 ini di antaranya adalah UMK Batikalf yang menjual pakaian dan batik cap betawi, UMK Jenaka menjual pakaian dari kain khas nusantara.

UMK Zee Collection menjual sepatu, tas, dan kain nusantara dengan metode eco print, serta UMK Ichinogami menjual berbagai papercraft dengan karakter unik.

Baca juga : Lintasarta Raih Penghargaan Asian Experience Awards 2023

Rezki Rangkuti, pemilik UMKM Jenaka mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang produk buatannya bisa dijual di Inacraft ini.

 

Salah seorang pengunjung Inacraft 2023 usai membeli UMK Jenaka binaan Hub UMK Jakarta Raya. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)

 

"Senang banget jadi binaan PLN, bisa tampil di Inacraft karena sudah lama pengen ikut Inacraft. Saya jadi makin semangat buat desain-desain baru. Semoga tahun depan bisa ikutan Inacraft lagi," ungkap Rezki dalam keterangannya, Rabu (11/10).

Baca juga : Ini 2 UMKM Binaan BNI Xpora Yang Dikunjungi Presiden di Inacraft On October 2023

Inacraft sendiri merupakan acara tahunan di kalangan pengrajin handicraft dan pemerhati bidang kerajinan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI).

Tidak hanya itu, Inacraft juga menjadi pameran kerajinan terbesar di Asia.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengatakan, PLN terus mendukung UMKM binaan PLN untuk terus berkembang dan meningkatkan omset penjualannya. Sehingga UMKM bisa naik kelas.

"UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, mulai dari meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan hingga menjadi tempat inovasi dan kreativitas," ujar Lasiran dalam keterangannya, Rabu (11/10). 

Baca juga : Karya UMKM Binaan Peruri Pameran Laku Keras di China - ASEAN Expo 2023

Oleh karena itu, Lasiran menegaskan PLN selalu mendukung kegiatan UMKM yang dapat mendatangkan manfaat bagi sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.