Dark/Light Mode

Diramaikan Festival Hijau, Taman Kota Peruri Berkonsep Garden City

Jumat, 13 Oktober 2023 18:06 WIB
Groundbreaking Kota Peruri akan menjadi wajah baru, Garden City, digelar di Jakarta, Jumat (13/10). (Foto: Dok. Peruri)
Groundbreaking Kota Peruri akan menjadi wajah baru, Garden City, digelar di Jakarta, Jumat (13/10). (Foto: Dok. Peruri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peruri merupakan hasil peleburan dari 2 Perusahaan Negara yaitu Pertjetakan Kebajoran yang berlokasi di Jalan Palatehan dan Arta Yasa yang berlokasi di Dharmawangsa, dimana keduanya berada di wilayah Kebayoran Baru.

Seiring berjalannya waktu, pada 1991 Peruri memindahkan aktivitas produksinya ke Karawang untuk menciptakan suatu kawasan percetakan uang dan dokumen sekuriti yang terintegrasi dalam satu area seluas 202 hektar.

Baca juga : Firman Soebagyo: Perlu Yang Mengerti Ekonomi Makro Dan Mikro

Peruri telah memiliki rencana optimalisasi aset sejak lama melalui beberapa konsep superblok namun belum terwujud karena beberapa kendala.

Di satu sisi proses optimalisasi aset ini memiliki perjalanan yang panjang.

Baca juga : Rasakan Perjalanan Penuh Sensasi Bersama Suite Class Compartment

Dalam menanti proses persetujuan baru terhadap masterplan yang telah disusun, pada 2019 Peruri telah mengangkat lokalitas dari area ini dengan pemanfaatan sementara beberapa area heritage melalui pembentukan M Bloc Space sebuah kawasan pusat kreativitas dan kegiatan anak muda dengan konsep adaptive reuse.

Peruri kembali mengangkat lokalitas dengan cakupan yang lebih luas melalui pembangunan Kota Peruri untuk menghidupkan kembali ‘spirit’ Kebayoran Baru sebagai Garden City.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.