Dark/Light Mode

Cara Kenali Tenaga Pemasar Asuransi Berlisensi dan Terpercaya

Selasa, 12 September 2023 12:35 WIB
Tenaga pemasar asuransi/Ilustrasi (Foto: Instagram Prudential)
Tenaga pemasar asuransi/Ilustrasi (Foto: Instagram Prudential)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelum memutuskan membeli polis asuransi, apa saja sih yang harus diketahui? Nah, ternyata kredibilitas tenaga pemasar salah satunya. Tenaga pemasar berperan sebagai garda terdepan dalam membantu calon nasabah memahami suatu produk asuransi secara menyeluruh.

Dilansir dari Prudential Pahami Bareng, karena perannya begitu penting, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi tenaga pemasar untuk mengantongi lisensi, supaya calon nasabah terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan diri sebagai tenaga pemasar asuransi. Kepemilikan lisensi membuktikan bahwa tenaga pemasar telah melalui serangkaian proses pelatihan dan pengujian profesional, dan harus diperpanjang secara berkala.

Untuk itu, tenaga pemasar harus memenuhi sejumlah persyaratan sebelum diizinkan mewakili perusahaan asuransi (konvensional maupun syariah) dalam memasarkan produk proteksi kepada nasabah/calon nasabah. Merujuk pada POJK Nomor 69/POJK.05/2016, salah satu persyaratan tersebut adalah terdaftar resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang proses pendaftarannya harus melalui permohonan pada asosiasi terkait.

Baca juga : Teknologi CCS Tawarkan Masa Depan Lebih Bersih dan Berkesinambungan

Calon nasabah dapat menerapkan beberapa langkah pengecekan mandiri terkait tenaga pemasar berlisensi. Tahapan ini bisa dilakukan sebelum menyetujui jenis transaksi apa pun yang tengah dikonsultasikan dengan tenaga pemasar. Tanyakanlah lebih dahulu kode Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dengan meminta agen memperlihatkan name tag/business card/kartu lisensi terkait.

Selanjutnya, bisa melakukan pengecekan kesesuaian kode melalui situs resmi AAJI dengan cara:

  • Buka situs resmi AAJI di https://aaji.or.id
  • Pada halaman utama AAJI, masuk ke menu Agen dan sub-menu Pencarian Agen.
  • Isi kode AAJI tenaga pemasar asuransi di kolom pencarian dan klik tombol “Lihat Agen” untuk memulai proses pengecekan.
  • Jika kode AAJI terdaftar di dalam situs resmi AAJI, maka tenaga pemasar tersebut memiliki lisensi yang valid dan diakui oleh AAJI.

Selain terverifikasi lisensi pendaftarannya, tenaga pemasar juga di antaranya harus sudah dibekali kemampuan untuk menjelaskan produk yang ditawarkan dengan jelas, benar dan menyeluruh. Tenaga pemasar harus dapat berperan selayaknya seorang “agen perubahan” yang membantu calon nasabah merasakan manfaat terlindungi asuransi secara optimal, baik dari segi finansial maupun dalam menghadapi berbagai risiko kehidupan di masa kini dan masa mendatang.

Baca juga : Kiai Said Ingin Pemimpin Nasioal Berani Dan Bersih Seperti Mahfud

Berbicara mengenai tenaga pemasar yang sudah dibekali dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan profesional, Prudential Indonesia menjadi salah satu perusahaan asuransi yang bisa dipertimbangkan. Setiap tenaga pemasar yang mewakili perusahaan ini mendapat dukungan sejumlah program untuk meningkatkan kapabilitas mereka, seperti diantaranya PRUVerge, PRUVenture, hingga PRUUniversity.

Melalui PRUVerge, tenaga pemasar dilatih secara intensif dengan pendampingan dan sistem evaluasi yang komprehensif. Tujuannya adalah memupuk kemampuan komprehensif sekaligus menanamkan nilai kepemimpinan, baik untuk tenaga pemasar maupun leaders di industri asuransi.

Sementara, program PRUVenture berfokus pada upaya membantu tenaga pemasar mengembangkan karirnya secara full time. Ada pun PRUUniversity memberikan pembelajaran khusus agar tenaga pemasar dapat menjaga profesionalitas dalam memberikan edukasi mengenai asuransi kepada nasabah/calon nasabah.

Baca juga : Tak Libur, Macan Putih Bersiap Hadapi Persija

Prudential Indonesia juga melakukan serangkaian inovasi untuk memastikan profesionalisme tenaga pemasar senantiasa terjaga, termasuk salah satunya PRUForce sebagai aplikasi seluler yang dikembangkan khusus untuk membantu tenaga pemasar lebih responsif dan lebih efisien melayani nasabah/calon nasabah dengan memberi akses kepada tenaga pemasar terkait pembuatan berbagai laporan secara real-time.

Sebagai hasil dari inisiatif dan inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme para tenaga pemasar, saat ini Prudential Indonesia memiliki 836 tenaga pemasar yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT), dan menduduki peringkat 1 di Indonesia dan peringkat ke-25 di global. MDRT merupakan asosiasi global dan independen di mana anggotanya mampu memperlihatkan profesionalisme yang luar biasa, memegang teguh kode etik, dan menunjukkan layanan terbaik bagi nasabahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.