Dark/Light Mode

Tekan Polusi Udara Di Ibu Kota

Pelajar Diajak Naik Bus Sekolah Gratis

Jumat, 25 Agustus 2023 07:30 WIB
Sejumlah pelajar memilih naik bus sekolah gratis. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melayani pelajar dengan dua tipe bus. Yakni, bus ukuran sedang dengan kapasitas 30 tempat duduk dan bus ukuran kecil dengan kapasitas 19 tempat duduk. (Foto: Ist)
Sejumlah pelajar memilih naik bus sekolah gratis. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melayani pelajar dengan dua tipe bus. Yakni, bus ukuran sedang dengan kapasitas 30 tempat duduk dan bus ukuran kecil dengan kapasitas 19 tempat duduk. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengimbau para pelajar menggunakan bus sekolah gratis. Hal ini diharapkan bisa membantu menekan polusi udara.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub DKI Jakarta Faris Budiman mengungkapkan, layanan bus sekolah gratis sudah tersedia menyeluruh di Ibu Kota. Dipaparkannya, pelajar menggunakan bus seko­lah, tidak hanya ikut membantu mengurangi polusi, tetapi mem­biasakan mereka menggunakan transportasi umum.

“Menggunakan transportasi umum sejak usia dini dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi ketika mereka dewasa,” ujarnya di Jakarta, Rabu (23/8).

Baca juga : Andalkan Biogas, Warga Desa Mundu di Klaten Tak Panik Saat Elpiji Langka

Generasi muda yang meng­gunakan transportasi umum, di­yakini Faris, akan memudahkan mereka memahami pentingnya mengurangi jejak karbon.

Selain itu, menggunakan transportasi umum melatih kemandirian pelajar. Sebab, meng­gunakan transportasi umum memerlukan perhatian khusus terhadap jadwal dan rute bus.

“Keterampilan itu dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri,” kata Faris.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Minta Ini Ke Industri

Kemudian, menggunakan transportasi umum lebih hemat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi yang di da­lamnya terdapat biaya membeli bahan bakar, perawatan kendaraan dan tarif parkir.

“Naik transportasi umum lebih aman daripada mengemudi sendiri, terutama untuk remaja yang baru belajar mengemudi,” imbuhnya.

Manfaat lainnya, lanjut Faris, menggunakan angkutan umum melatih pelajar melakukan pengembangan sosial. Dengan berinteraksi dengan berbagai individu di transportasi umum, pelajar dapat belajar mengenai keragaman dan meningkatkan keterampilan sosial.

Baca juga : Cek Kualitas Udara Jakarta Di Sore Hari, Apakah Membaik Setelah WFH Hari Pertama?

Terdapat sebanyak 220 unit bus sekolah telah dioperasikan dengan melintasi 7.403 sekolah di wilayah-wilayah Jakarta. Pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang mengenakan seragam sekolah, dapat langsung naik bus tersebut dari halte terdekat ataupun jalan-jalan yang dilintasi oleh bus ini sesuai rutenya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.