Dark/Light Mode

Genjot Transformasi, ALFI Komit Jadi Rumah Besar Logistik Indonesia

Minggu, 15 Oktober 2023 21:39 WIB
Ketum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi meminta kepada seluruh anggotanya untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan. (Foto: Istimewa)
Ketum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi meminta kepada seluruh anggotanya untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi meminta kepada seluruh anggotanya untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan, sekaligus menjadikan ALFI tersebut sebagai ‘rumah besar’ di bidang logistik.

Hal itu disampaikan Yukki pada musyawarah nasional khusus (Munassus) ALFI yang dilaksanakan di Surabaya, pada Sabtu (14/10).

Munassus yang dikuti para pengurus ALFI di seluruh Indonesia itu digelar dalam rangka melakukan penyesuaian atau perubahan terhadap Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT), agar organisasi tersebut adaptif terhadap perubahan.

"Jika kita adaptif, maka manfaat tersebut tidak hanya dirasakan pengguna jasa logistik saja, tapi juga dirasakan oleh pihak lain yang fokus di mata rantai pasok," kata Yukki dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (15/10).

Baca juga : Ganjar Suarakan Job Creation Buat Jaring Tenaga Kerja Indonesia

Yukki mengungkapkan, Munasus ALFI terakhir kalinya digelar pada 13 tahun lalu di Bali, dan dalam rentan 13 tahun itu, banyak perubahan yang terjadi.

Sehingga, ALFI perlu melakukan Munassus untuk melakukan transformasi juga inklusif.

Yukki menjelaskan, ada banyak perubahan dalam ADRT pada Munassus kali ini. Salah satunya mengenai keanggotaan, di mana ALFI akan memperluas keanggotaan, yakni bukan hanya teman-teman di bidang logistik saja, tapi ke rantai pasok atau supply chain.

Kemudian, dalam ADRT ALFI juga akan menambah kegiatan multimoda meskipun pekerjaan multimoda tersebut aktivitasnya sudah dilakukan. Termasuk perusahaan fintech di sektor logistik juga kini bisa bergabung menjadi anggota ALFI.

Baca juga : CKB Tunjukkan Komitmen dalam Gairahkan Logistik Nasional

Ketua DPW ALFI Jawa Timur Sebastian Wibisono berharap Munassus ALFI dapat membawa perubahan yang signifikan bagi organisasi yang bergerak di bidang pengguna jasa logistik tersebut.

"Harapan kami tentunya dengan adanya Munassus ini, perubahan ADRT kali ini bisa membawa kemajuan untuk ALFI ke depan," ujarnya.

Wibisono menjelaskan, Munassus sangat penting dilakukan, karena 10 tahun ke depan tantangan sektor logistik semakin berat.

Apalagi potensi bisnis logistik di Jatim sudah sangat prospektif dengan semakin masifnya pembangun di wilayah Gresik.

Baca juga : Sore Ini Kaesang Jumpa Prabowo di K4, PSI Jadi Gabung Koalisi Indonesia Maju?

Wibisino juga berterimakasih kepada DPP ALFI yang memberikan kepercayaan kepada DPW ALFI Jatim, untuk mengadakan kegiatan Munasus ALFI ini yang cukup bergengsi dan nasional.

Sementara itu, Sekjen DPP ALFI Akbar Johan mengatakan, Munassus menjadi ajang road to Munas untuk mewadahi aspirasi seluruh DPW ALFI dalam mengkaji dinamika bisnis atau peluang logistik dan rantai pasok nasional.

"ALFI harus bisa menangkap dinamika bisnis, peluang sehingga bisa menjadi milestone untuk memberikan nilai tambah bagi ekosistem rantai pasok atau logistik nasional," ujar Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.