Dark/Light Mode

Perkuat Kerja Sama Investasi, OIKN Hadiri Business Forum Indonesia-Prancis

Kamis, 5 Oktober 2023 09:48 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono saat menyampaikan paparan dalam acara Business Forum Indonesia-Prancis 2023 di Paris, Rabu (4/10/2023). (Foto: Dok. IKN)
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono saat menyampaikan paparan dalam acara Business Forum Indonesia-Prancis 2023 di Paris, Rabu (4/10/2023). (Foto: Dok. IKN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono terus menggencarkan upaya memperkuat kerja sama investasi Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan negara partner. 

Rabu (4/10/2023), Bambang memimpin pertemuan antara Tim Otorita IKN dan Business Forum Indonesia - France 2023, yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia di Prancis dan Mouvement des Entreprises de France (MEDEF) di Paris.

Prancis merupakan negara yang potensial menjadi investor asing Indonesia, dalam pembangunan IKN.

Sebelumnya, Otorita IKN juga telah melakukan pertemuan dengan beberapa investor secara virtual.

Baca juga : Bamsoet Jajaki Kerja Sama Investasi Pengusaha Indonesia di Saudi

Saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan pertemuan tatap muka, sehingga dapat memperkuat kerja sama investasi yang ada. Sejalan dengan pernyataan Bambang Susantono kepada media. "Otorita IKN ingin mencari peluang investasi dan kerja sama dengan calon investor di Prancis. Beberapa perusahaan yang kami temui adalah hasil follow up dengan berbagai pihak," tutur Bambang.

Pertemuan ini berlandaskan pada kerja sama investasi  yang mengacu kepada lima karakteristik dasar pembangunan Ibu Kota Nusantara: hijau, inklusif, cerdas, tangguh, dan berkelanjutan.

Selain itu, kerja sama investasi di bidang teknologi juga menjadi fokus kerja sama di dalam pertemuan ini.

"Ada banyak hal yang bisa dijajaki, salah satunya di bidang teknologi," ucap Bambang.

Baca juga : Dubes Uni Emirat Arab Buka Indonesia Economic Business Forum 2023

Pertemuan Otorita IKN di Paris turut dihadiri Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Drs. H. Alimuddin, MSi, Brigjen (Pol) Edgar Diponegoro, Staff Khusus Keselamatan Publik Otorita IKN.

Dalam kesempatan ini, Kepala Otorita IKN juga bertemu dengan Gerard Wolff, selaku penasehat senior untuk Program Kota Berkelanjutan dari Kementerian Luar Negeri, sekaligus Ketua Percepatan Kota Berkelanjutan MEDEF (organisasi kamar dagang dan industri Perancis) untuk pembelajaran dalam mewujudkan IKN sebagai kota hijau.

Dalam kesempatan itu, terdapat beberapa perusahaan yang turut hadir di dalam pertemuan ini seperti Archetype Group, Egis, Kaptels, dan HDF.

IKN diharapkan menjadi kota yang berwawasan budaya, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat lokal dan internasional.

Baca juga : Wapres Maruf Perkuat Kerja Sama Investasi Dengan Fujian

Di hari yang sama, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan tim berdiskusi dengan pengelola Louvre Museum Paris, dan esok harinya mengunjungi Louvre Museum Paris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.