Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Forum Internasional, ALFI Bicara Industri Logistik Berkelanjutan

Rabu, 11 Oktober 2023 07:54 WIB
Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) saat menghadiri kongres tahunan International FIATA di Brussel, Belgia. (Foto: Istimewa)
Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) saat menghadiri kongres tahunan International FIATA di Brussel, Belgia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menghadiri kongres tahunan International Federation of Freight Forwarders Associations (FIATA) di Brussel, Belgia pada 1-6 Oktober 2023.

Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, ada hal menarik pada pertemuan ini, terutama berkaitan dengan logistik, perubahan iklim, serta antusiasme dan ketertarikan generasi muda terhadap industri logistik di belahan Eropa.

Hal ini, kata Yukki, menunjukan potensi dan kemampuan industri logistik dalam beradaptasi dengan perubahan zaman untuk mencapai sustainability.

Secara khusus, Yukki dalam kapasitasnya sebagai Chairman FIATA Regional Asia Pacific menegaskan, kongres ini menjawab concern tentang masa depan industri logistik.

Baca juga : IMA Dorong Hilirisasi Industri Tambang Berkelanjutan

Asia Pasifik khususnya ASEAN telah diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi global pada tahun yang akan datang.

"Untuk itu, Indonesia dengan bonus demografi memiliki potensi lebih banyak untuk membangun talenta muda di industri kita, tidak hanya untuk kebutuhan nasional tapi juga memenuhi kebutuhan dunia," kata Yukki dalam keterangannya, Rabu (11/10).

Selain itu, keberlanjutan dan pengoperasian logistik yang ramah lingkungan atau 'logistik hijau' menjadi agenda penting pelaku logistik di dunia dan ditampakkan dalam kongres FIATA ini bertajuk 'climate change of logistics'.

Yukki menambahkan, pelaku logistik perlu melakukan strategi dan adaptasi yang lebih baik, tidak hanya demi kelestarian bumi namun juga kelestarian bisnis kita.

Baca juga : Moeldoko Dorong Industri Kreatif Berkembang Pesat

Strategi adaptif dan kolaboratif dari pelaku usaha logistik menjadi hal kritikal di masa yang akan datang.

ALFI sebagai wadah pelaku penyedia jasa logistik Tanah Air telah mengidentifikasi hal ini dan mengantisipasi dengan konsolidasi organisasi dengan anggota.

Di FIATA World Congres 2023 di Brussels kali ini, Yukki terpilih kembali sebagai Chairman FIATA Regional Asia Pacific untuk periode kedua.

Dalam perhelatan ini ALFI mengirimkan delegasi yang diwakili pengurus DPP dan Pengurus ALFI DPW DKI Jakarta. Sekedar informasi, FIATA merupakan organisasi non Pemerintah yang mewakili perusahaan penyedia jasa logistik dan forwarder di seluruh dunia.

Baca juga : Bamsoet Dukung Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2 di Bandung

Menurut laporan tahunan FIATA 2021, ada 109 anggota asosiasi yang mewakili industri pengiriman barang dalam suatu wilayah dan 5.959 anggota perorangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.