Dark/Light Mode

Survei BI: Pembiayaan Korporasi September Tumbuh 16 Persen

Selasa, 17 Oktober 2023 12:48 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan Bank Indonesia (BI) pembiayaan korporasi pada September 2023 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 16,1 persen, meningkat dibandingkan SBT 14,7 persen pada Agustus 2023. 

Baca juga : Nilai Ekspor RI September Turun Jadi Rp 326 T

Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri dan pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik.

“Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada September 2023 juga terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya,” jelas Direktur Eksekutif, Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Selasa (17/10/2023).

Baca juga : PAN Pede Nembus 10 Persen

SBT penyaluran kredit baru pada September 2023 tercatat sebesar 92,6 persen, tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 86,2 persen. Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain. 

“Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan III- 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya,” kata Erwin.

Baca juga : Survei SPIN: Prabowo Ungguli Ganjar Dan Anies, Selisih 12 Persen

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada September 2023. Sementara itu dalam waktu 3 hingga 6 bulan ke depan, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum diprakirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. 

Selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.