Dark/Light Mode

Waspada Penipuan, Pakai Saja Jalur Resmi PLN Mobile yang Nonstop 24/7

Selasa, 17 Oktober 2023 22:12 WIB
Pelanggan PLN menunjukkan layanan PLN Mobile. (Foto: Dok. PLN)
Pelanggan PLN menunjukkan layanan PLN Mobile. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Listrik merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat. Akses mendapatkan layanan kelistrikan menjadi sangat krusial. Jika ada pengaduan, PLN meminta pelanggan menghubungi saluran resmi.

"Gunakan aplikasi PLN Mobile," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (17/10).

Ada beberapa menu yang ada di PLN Mobile. Di antaranya, Pengaduan, Token dan Pembayaran, Catat Meter, Sambung Baru, Ubah Daya, Penyambungan Sementara, hingga ke pengisian kendaraan listrik.

Baca juga : Waspada Penipuan, Semua Layanan PLN Terpusat Hanya Lewat PLN Mobile

PLN mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat mencari nomor telepon di mesin pencarian daring. Saat ini banyak oknum yang melakukan penipuan dengan membuat titik lokasi alamat kantor PLN di mesin pencarian daring dan mencantumkan nomor telepon. 

"Menghubungi PLN lebih mudah lewat PLN Mobile, kita bisa lacak permohonan atau pengaduan lewat aplikasi dan yang paling penting PLN tidak pernah punya nomor telepon selain 123," ungkap Lasiran.

Selain melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa juga menghubungi Contact Center PLN yang terdiri dari telepon ke nomor 123, Facebook PLN 123, X @pln_123, website www.pln.co.id, dan email [email protected]

Baca juga : Kualitas Udara Di Jakarta Membaik Saat Jam Pulang Kantor, Kok Bisa?

Lasiran menjelaskan, menghubungi PLN sekarang bisa di mana saja, kapan saja, dan bisa dilakukan pelanggan sendiri tanpa melalui perantara. "PLN bisa dihubungi 24 jam sehari 7 hari seminggu, bahkan kalau ada gangguan tengah malam pun petugas selalu siap," terang Lasiran.

Lasiran mengimbau kepada pelanggan untuk langsung menghubungi kanal resmi PLN tanpa perantara. Permohonan layanan kelistrikan atau pengaduan melalui kanal resmi PLN akan mendapatkan nomor register. Pembayaran permohonan layanan seperti pasang baru atau tambah daya listrik akan melalui virtual account, tidak ada pembayaran cash di tempat.

"Sekali lagi kami imbau agar pelanggan waspada, jangan sampai tertipu dengan menghubungi nomor yang salah di mesin pencarian online, banyak oknum yang memanfaatkan untuk menipu. Hubungi PLN lewat jalur resmi saja," kata Lasiran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.