Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kualitas Udara Di Jakarta Membaik Saat Jam Pulang Kantor, Kok Bisa?

Selasa, 29 Agustus 2023 18:39 WIB
Ilustrasi polusi udara. Foto: Unsplash/Marek Piwnicki)
Ilustrasi polusi udara. Foto: Unsplash/Marek Piwnicki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs pemantau kualitas udara IQAir melaporkan polusi udara di Jakarta sore ini, atau di jam pulang kantor menurun dibandingkan pagi tadi.

Skor indeks kualitas udara (US AQI) di Jakarta petang ini adalah 122, peringkat keempat kota dengan polusi tertinggi di dunia. 

Baca juga : Setelah Diguyur Hujan Buatan, Apakah Kualitas Udara Di Jakarta Membaik?

Skor AQI setinggi itu turun dibanding pagi tadi, yang tembus 168. Dari zona merah yang artinya tidak sehat ke zona kuning yakni tidak sehat untuk kelompok sensitif.

Dari peringkat dua kota dengan polusi tertinggi di dunia, ke urutan empat sore ini. Konsentrasi polutan PM2,5 mencapai 44 µg/m³ atau 8,8 kali lipat lebih tinggi dari pedoman kualitas udara tahunan yang dirilis WHO.

Baca juga : Atasi Polusi Buruk Di Jakarta, Inilah Solusi Yang Ditawarkan Para Pakar...

Menurut BMKG, polusi udara di sore hari memang turun dibandingkan malam dan pagi hari. Hal itu merupakan siklus harian akibat kerapatan massa udara. 

Saat sore hari, kondisi atmosfer sudah hangat, sehingga polutan lebih terangkat ke atas. Selain itu, massa udara juga lebih rapat di malam dan pagi hari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.