Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Safari Ramadhan, Heikal Safar Silaturahmi Dan Bukber Bareng Bang Yos

Kamis, 20 April 2023 12:04 WIB
Heikal Safar saat bersilaturahmi dengan Sutiyoso alias Bang Yos. (Foto: Ist)
Heikal Safar saat bersilaturahmi dengan Sutiyoso alias Bang Yos. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Ormas Rekonsiliasi Masyarakat (Rekat) Indonesia Heikal Safar masih terus melakukan safari Ramadhan. Kali ini, dia bersilaturahmi ke kediaman eks Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, alias Bang Yos, Rabu (19/4). 

Heikal datang bersama Dewan Pertimbangan DPP Partai NasDem Ummi Ayu Alwiyah Segaf Al Jufri dan Dewan Pakar DPP Partai NasDem Habib Mohsen Hasan Al Hinduan.

Usai bersilaturahmi dan melakukan buka puasa bersama alias bukber, Heikal mengungkapkan pesan Bang Yos. Yakni, berpolitik dengan sehat akan menentukan masa depan bangsa Indonesia. Nah, pemilihan umum (Pemilu) merupakan salah satu wujud politik sehat.

Baca juga : Berkah Ramadan, AMPI Beri Santunan Anak Yatim

"Pemilu merupakan sarana pesta demokrasi bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan negara maupun di daerah dalam periode tertentu. Demokrasi sangat mendapatkan perhatian yang luas dari masyarakat dunia," ungkap Heikal, Kamis (20/4).

Sekjen Anies Baswedan Center ini menegaskan, penyelenggaraan pemilu yang demokratis menjadi syarat penting dalam pembentukan kepemimpinan sebuah negara.

Pemilu memiliki fungsi utama untuk menghasilkan kepemimpinan yang bener-bener mendekati kehendak rakyat.

Baca juga : Ganjar Sejati Gelar Bukber dan Doa Bersama Di Cirebon

"Oleh karena itu. Pemilu merupakan salah satu sarana legitimasi kekuasaan," tegas Heikal Safar, yang juga menjabat Ketua DPW Garpu Jawa Barat, sayap Partai NasDem.

Heikal pun menyebut, sebagai pilar demokrasi, peran partai politik dalam sistem perpolitikan nasional merupakan wadah seleksi kepemimpinan nasional maupun daerah.

"Bahkan pengalaman dalam rangkaian penyelenggaraan adalah seleksi kepemimpinan nasional dan daerah melalui pemilu membuktikan keberhasilan partai politik sebagai pilar demokrasi," tuturnya.

Baca juga : QUEEN Klinik Gelar Santunan Anak Yatim Bareng Artis

Partai politik telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi sistem perpolitikan nasional maupun di daerah, terutama dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang dinamis.

"Tentunya jika kapasitas dan kinerja partai politik dapat ditingkatkan, maka akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas demokrasi dan kinerja sistem politik yang dapat mewujudkan aspirasi dan kehendak rakyat dalam perubahan menuju kemajuan dan kesejahteraan di seluruh Indonesia," ungkap Heikal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.