Dark/Light Mode

Peringati Hari Listrik Nasional Ke-78

ITPLN Siap Cetak SDM Unggul Mendukung Transisi Energi

Sabtu, 28 Oktober 2023 03:36 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Teknologi PLN (ITPLN) turut memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 tanggal 27 Oktober 2023.

ITPLN berkomitmen untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang kelistrikan dan berwawasan lingkungan dalam mendukung transisi energi.

Hal tersebut disampaikan Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa pada peringatan HLN ke78 di kampus ITPLN, Duri Kosambi Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Prof Iwa mengatakan, ITPLN merupakan perguruan tinggi yang konsisten dalam mendukung transisi energi.

Hal tersebut di antaranya dengan dinobatkannya ITPLN sebagai Lembaga Pendidikan yang Fokus Mendukung Transisi Energi.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Buat Perempuan

Juga, menerima penghargaan dari Dewan Energi Nasional (DEN) dalam malam anugerah rangkaian acara Energy Transition Conference and Exhibition (ITCE) 2023.

"Sebagai anak kandung PT PLN, pada peringatan HLN ke-78 ini dengan tema Accelerating Renewable Energy dan tagline We're the New Energy, ITPLN berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul bidang kelistrikan dan berwawasan lingkungan. Dirgahayu Kelistrikan Indonesia," ucap Prof Iwa, Jumat (27/10/2023).

Prof Iwa menyampaikan, ITPLN memiliki tekad untuk menjadi perguruan tinggi teknik terbaik se-ASEAN.

Maka dari itu, ITPLN siap memasok SDM yang unggul dalam rangka mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. 

Untuk mencapai hal tersebut, ITPLN juga memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa dengan kemampuan teknis dan pengembangan keahlian (soft skill).

Baca juga : Kemenkes Dan Apindo Sinergi Atasi Stunting

Di antaranya dengan melakukan berbagai macam pelatihan sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa yang bekerja sama dengan dunia industri, salah satunya yakni Microsoft.

Sementara dalam pengembangan soft skill mahasiswa, kata Prof Iwa, ITPLN berkolaborasi dengan PT PLN mengadakan program ENERGIZE.

ENERGIZE merupakan program inspiratif yang bertujuan untuk membekali mahasiswa ITPLN dengan keterampilan dan pengetahuan yang lebih dari sekadar teori teknis.

"Lewat program ENERGIZE ini kami menciptakan panggung kepada mahasiswa untuk tumbuh, dan berkembang menjadi individu yang tidak hanya mahir dalam bidang teknis, tetapi mampu menghadapi tantangan dunia ke depan dengan percaya diri," imbuhnya.

Saat ini ITPLN tengah menjalankan transformasi perguruan tinggi menuju world class university.

Baca juga : Genjot Industri Maritim Nasional, INSA Siapkan Strategi Jitu

Maka dari itu, ITPLN kini menerapkan pembelajaran dengan strategi 442.

Yakni, 40 persen merupakan teori, 40 persen selanjutnya menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia industri (problem solving), dan 20 persen terjun langsung ke industri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.