Dark/Light Mode

BNI Investor Daily Summit 2023, Royke Sebut Perbankan Indonesia Makin Tangguh

Sabtu, 28 Oktober 2023 11:06 WIB
Gelaran BNI Investor Daily Summit 2023, Jakarta, Rabu (25/10).  (Foto: Dok. BNI)
Gelaran BNI Investor Daily Summit 2023, Jakarta, Rabu (25/10). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perbankan Indonesia diyakini dalam kondisi yang cukup tangguh di tengah tantangan kondisi perekonomian global yang belum stabil.

Hal tersebut terlihat dari sejarah perbankan Indonesia yang berhasil melalui berbagai krisis ekonomi dari tahun ke tahun.

Baca juga : Total Reduksi Emisi Green Bond BNI Capai 230 Ribu Ton CO2 per Tahun

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Royke Tumilaar mengungkapkan, sisi permodalan yang kuat dan risk management yang baik menjadi modal utama perbankan Indonesia untuk mengantisipasi berbagai risiko ketidakpastian ekonomi global.

“Sektor perbankan Indonesia cukup tangguh karena sudah banyak melewati krisis sehingga kita sudah banyak belajar dan sudah sangat siap untuk menghadapi situasi ekonomi global saat ini,” ujarnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2023, Jakarta, Rabu (25/10).

Baca juga : Pemerintah Dorong Penguatan Ekonomi Digital dan Cetak Wirausaha Muda

Royke menyampaikan Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan menjadi 6 persen, dan perbankan tidak serta-merta turut menaikkan suku bunga pinjaman.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan pebankan dalam memproyeksi tren pergerakan suku bunga ke depan. Perbankan juga memiliki kemampuan untuk terus menjaga kualitas kredit perbankan tetap di jalur yang aman.

Baca juga : BNI Investor Daily Summit 2023 Ungkap Strategi Sukseskan UMKM Go Global

“Suku bunga tinggi ini saya rasa bukan sekarang, masyarakat sudah tahu dari tahun lalu dari sejak krisis, sudah kelihatan.

BI cukup lama menahan, tidak menaikkan. Tren suku bunga akan naik ini bukan suatu masalah karena sudah diantisipasi,” ujar Royke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.