Dark/Light Mode

ISEF Sukses Bukukan Transaksi Rp 28,9 Triliun

Kamis, 2 November 2023 09:53 WIB
ISEF 2023 mencetak rekor MURI sebagai festival ekonomi keuangan syariah terbesar di Indonesia. (Foto: Humas BI)
ISEF 2023 mencetak rekor MURI sebagai festival ekonomi keuangan syariah terbesar di Indonesia. (Foto: Humas BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Ekonomi Syariah Indonesia (ISEF) Satu Dekade Menebar Kebaikan, yang ditutup pada Minggu (29/10/2023), sukses membukukan transaksi senilai Rp 28,9 triliun.

Nominal tersebut mencakup pembiayaan lembaga keuangan syariah, transaksi B to B (Business to Business), transaksi B to C (Business to Customer) dan transaksi exhibition ISEF 2023. Termasuk kegiatan FESyar di wilayah Kawasan Timur Indonesia, Sumatera, Jawa, dan akad serentak 2.311 Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah pada penyelenggaraan ISEF ini.

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Arief Hartawan mengungkapkan, sejalan dengan kenaikan transaksi, jumlah pengunjung juga mengalami kenaikan hingga lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tembus 72.930 orang. Pengunjung yang hadir fisik berjumlah 28.356 orang. Sedangkan yang hadir online, mencapai 44.574 orang.

Penyelenggaraan ISEF 2023 oleh BI bersinergi dengan KNEKS selama satu dekade ini, sukses mengantarkan ISEF 2023 mencetak rekor MURI sebagai festival ekonomi keuangan syariah terbesar di Indonesia.

Baca juga : Indofood CBP Bukukan Penjualan Rp 51,31 Triliun Pada Kuartal III

Dalam closing statement-nya, Deputi Gubernur BI Juda Agung menyampaikan, pencapaian signifikan secara global, baik di sektor ekonomi syariah maupun keuangan syariah menjadi prasyarat utama untuk dapat mencapai Visi Menjadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia. Inilah yang menjadi fokus BI, dalam penguatan ISEF di masa mendatang.

Juda berharap, penyelenggaraan ISEF dapat berperan secara signifikan, menggerakkan sektor-sektor potensial dalam ekonomi dan keuangan syariah untuk tumbuh dan berkembang. "Sekaligus mampu diperhitungkan dalam tatanan global,” ujarnya.

Dukung Pengembangan UMKM

Salah satu tenant booth di ISEF UMKM binaan BI asal Jayapura, Papua, Yafeth Wetipo pemilik usaha (founder) Highland Roastery mengaku sangat senang, karena bisa berpartisipasi untuk pertama kali di acara ISEF ke-10 di JCC, Jakarta.

Selama lima hari menggelar booth, Yafeth mampu menjual sebanyak 30-40 kemasan kopi khas Papua. “Dalam event ini, kami membawa lima jenis kopi unggulan dari masing-masing distrik atau kecamata di Papua. Seperti kopi Tangma, Kiwirok, Kurima, Tiom dan Sabin,” jelas Yafeth, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka.

Baca juga : Astra Raup Pendapatan Bersih Group Rp 240,9 Triliun Pada Kuartal III

Dari kelima jenis tersebut, kopi jenis Tiom merupakan produk yang paling banyak dibeli di event ISEF 2023. Karena ciri khas kopinya yang enak, dan ditanam di atas ketinggian lebih dari 2.200 kaki dari permukaan laut.

Yafeth bercerita, usaha yang sudah dirintis sejak 2014 ini mendapatkan binaan dari BI Perwakilan Papua. “Kami merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan support dari BI. Peran BI sangat besar bagi kemajuan UMKM di Papua. Ada beberapa komoditas yang memang di-support BI seperti saya di komoditas kopi dan beberapa UMKM cokelat,” terangnya.

Sementara Nadia Sofia, Asisten Founder Label Fashion Ning Zulkarnain mengatakan, penyelenggaraan ISEF 2023 di Jakarta sangat membantu produknya untuk lebih dikenal masyarakat. Karena sebelumnya, produk fashion Muslim etnik milik Ning Zulkarnain hanya merambah pasar lokal di Bandung, Jawa Barat.

"Pertama kali kami ikut serta kegiatan seperti ini, sehingga penting bagi kami, untuk branding produk,” katanya.

Baca juga : Kuartal III, Indofood Kantongi Laba Rp 14,22 Triliun

Produk Ning Zulkarnain ini merupakan fashion Muslim etnik yang menggunakan kain tradisional seperti tenun, dan memiliki keunggulan karena modelnya yang tidak pasaran. Satu produk untuk satu jenis model.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.