Dark/Light Mode

Dampak Krisis Global Dan Perang Rusia-Ukraina

Waspada, Harga Minyak Sawit Melambung Tinggi

Jumat, 3 November 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Ancaman krisis pangan, energi dan hambatan perdagangan, lanjut Eddy, menambah ketidakpastian semakin besar. Ketidakpastian itu salah satunya aturan deforestasi Uni Eropa (EUDR)

Menyikapi kondisi terse­but, pengusaha sawit berharap Pemerintah dapat mengambil langkah yang bijaksana untuk menjaga daya saing sawit Indo­nesia dan industri minyak sawit dengan memperkuat produksi minyak sawit berkelanjutan.

Baca juga : Di Hadapan Pengusaha Muda, Ganjar Sampaikan Komitmen Untuk Sikat Pelaku KKN

“Dan tidak mengeluarkan peraturan yang kontraproduk­tif. Karena hambatan per­dagangan apa pun yang kita hadapi akan menambah biaya dan beban bagi industri,” harap Eddy.

Dia menyampaikan, ada po­tensi kenaikan harga CPO atau minyak sawit mentah tahun depan. Hal ini terjadi karena turunnya produksi kelapa sawit Indonesia akibat El Nino.

Baca juga : Mou Diusir Wasit, Serigala Merah Menang Tipis

“Penurunan sudah kelihatan dari produksi hingga pertenga­han tahun ini. Produksi minyak sawit hanya mencapai 36,3 juta ton per Agustus 2023. Dari volume tersebut, ekspor produksi sawit, biodiesel dan oleochemi­cal mencapai 23,4 juta ton,” kata Eddy.

Selain El Nino, ia mengungkapkan, progres penana­man ulang (replanting) kelapa sawit mengalami perlambatan, terutama di lahan petani kecil. Sementara itu, permintaan akan terus meningkat seiring komitmen Pemerintah untuk menerapkan B35 dan pertum­buhan konsumsi masyarakat, baik sektor makanan maupun industri.

Baca juga : Idrus Marham Diyakini Mampu Bawa Kemenangan Beringin

“Stok kelapa sawit Indonesia ke depan akan rendah. Alhasil, ini akan menaikkan harga minyak sawit tahun depan. Se­mentara tahun ini, harga minyak sawit turun drastis di pasar,” ujar Eddy.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 3/11/2023 dengan judul Dampak Krisis Global & Perang Rusia-Ukraina, Waspada, Harga Minyak Sawit Melambung Tinggi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.