Dark/Light Mode

Jadi Pasar Mesin Perkakas Terbesar, Korea Incar Potensi Kerja Sama Remanufaktur Di Indonesia

Selasa, 7 November 2023 20:58 WIB
Korea-Indonesia Industrial Machinery Remanufacturing Special Exhibition amp; Seminar 2023  yang digelar di Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Foto: Istimewa)
Korea-Indonesia Industrial Machinery Remanufacturing Special Exhibition amp; Seminar 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi (MOTIE) Republik Korea tengah menjajaki potensi pengembangan pasar remanufaktur di Indonesia.

MOTIE mendukung Asosiasi Promosi Remanufaktur Mesin Konstruksi dan Industri Korea Selatan (Korsel) mengadakan pameran dan seminar, dengan tema “Korea-Indonesia Industrial Machinery Remanufacturing Special Exhibition & Seminar 2023”, yang digelar di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca juga : Ganjar Siap Perbanyak Kreatif Hub Untuk Beri Peluang Kerja Milenial Dan Gen-Z

Deputi Direktur MOTIE, Seo Min Ha mengatakan, acara ini diadakan untuk membantu perusahaan remanufaktur mesin konstruksi dan industri Korea Selatan dalam mengembangkan pasar baru di luar negeri.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus, mempromosikan ekonomi sirkular, serta diharapkan dapat membantu membangun rantai pasokan industri remanufaktur di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Baca juga : Curhat Soal Ribetnya Regulasi Di Indonesia

"Lewat acara ini, kami berupaya  antara Korea dan Indonesia bisa bekerja sama dalam remanufaktur di bidang industrial dan konstruksi," ujarnya, di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Menurut Seo Min Ha, potensi kerja sama tersebut sangat besar, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan industri manufaktur di Indonesia yang terus meningkat.

Baca juga : 25 Tahun PaperOne, Komit Berikan Sumbangsih untuk Bumi Indonesia

Sehingga, dengan dilakukannya remanufakturing akan membuat perusahaan lebih efisien karena tidak perlu membeli alat berat baru.

Sekadar informasi, remanufaktur adalah salah satu cara untuk memperbaiki produk bekas pakai (used product) menjadi sama seperti baru, sesuai standar pabrikan dan digaransi oleh principal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.