Dark/Light Mode

Fuso Pastikan Peluncuran Truk Listrik eCanter Tahun Depan On Schedule

Rabu, 8 November 2023 19:30 WIB
Truk Listrik eCanter. (Foto: Ist)
Truk Listrik eCanter. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia memastikan peluncuran truk listrik eCanter tahun depan masih sesuai rencana.

Hal tersebut dikatakan Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, Aji Jaya pada acara perpisahan Sales and Marketing Director KTB Duljatmono yang memasuki pensiun di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

“Jadi kalau biasa di mobil kan sebelum peluncuran, banyak hal-hal yang perlu disiapkan misalnya after sales, paralel dengan infrastruktur,” kata Aji.

Baca juga : Relawan Ganjar Untuk Semua Lirik Potensi Usaha Gula Aren Di Kabupaten Pandeglang

Menurut dia, KTB sebelumnya telah melakukan uji coba Proof of Concept (PoC) menggunakan eCanter tipe 1.1 dengan sejumlah perusahaan untuk memastikan truk listrik itu layak digunakan di Indonesia. Beberapa perusahaan yang telah mencoba eCanter, menurut Aji, di antaranya Nestle, BLog, Pos Indonesia, hingga GoTo.

"Sejauh ini ada beberapa konsumen yang kami kasih coba, mereka tertarik dan tentunya mempertimbangkan banyak hal seperti infrastruktur dan apa benefitnya pakai truk listrik," katanya.

Menurut dia, salah satu konsumennya datang dari perusahaan yang sebelumnya ikut uji coba. Kendati belum merinci perusahaannya, yang jelas calon konsumennya itu memiliki visi dan misi keberlanjutan. Kemudian merupakan perusahaan logistik maupun distribusi berbasis di Jakarta dan kota besar lainnya.

Baca juga : PUPR Pastikan JORR Elevated Cikunir-Ulujami Dimulai Tahun Depan

"Kami konsentrasi di Jakarta dulu fokusnya di kota besar dengan infrastruktur yang sekiranya bisa support kendaraan tersebut. Targetnya adalah logistik," pungkasnya.

Generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter dikenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu. Truk itu tampil perdana di Indonesia setelah diluncurkan di Jepang pada September tahun 2022.

eCanter dibekali baterai modular yang terbagi menjadi beberapa kapasitas: S 41 kWh, M 83 kWh, dan L 124 kWh dengan jarak tempuh 99-324 kilometer dalam sekali pengecasan penuh.

Baca juga : Ketua KPU: Diajukan Parpol, Program Capres Mestinya Sejalan Dengan Pengusung

Next Generation eCanter hadir dengan eAxle, teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft. Beberapa keunggulan eAxle adalah biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselerasi yang mulus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.