Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

5 Ide seru Jadikan Momen Liburan Akhir Tahun Semakin Bermakna

Jumat, 1 September 2023 12:59 WIB
5 Ide seru Jadikan Momen Liburan Akhir Tahun Semakin Bermakna

RM.id  Rakyat Merdeka - Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Apalagi di tengah padatnya kesibukan, waktu libur menjadi kesempatan melepas penat dan mengisi kembali energi, sambil menciptakan berbagai kenangan tak terlupa bersama keluarga. Tak heran, data statistik Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta mencatat angka keberangkatan perjalanan luar negeri oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang meningkat hingga 72% pada bulan Juli 2022 ke 2023. Kini bagi yang hendak berlibur, namun bosan dengan kegiatan yang sama setiap tahunnya, simak lima ide seru berikut ini dan bersiap jadikan momen liburan akhir tahun semakin bermakna!

Pertama. Mempelajari budaya baru lewat festival beberapa negara memiliki perayaan besar sebagai tradisi yang diadakan setiap tahunnya. Baik dalam bentuk upacara sakral maupun karnaval, acara tersebut mengajak pengunjung mengenal lebih jauh budaya lain di dunia. Saat merencanakan liburan, carilah informasi mengenai perayaan tahunan terkenal yang akan digelar, seperti iring—iringan wahana pawai pada Festival Musim Gugur Takayama di Kuil Sakurayama Hachimangu, Jepang yang masuk ke dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan dari UNESCO.

Baca juga : Galaxy Z Fold5 | Z Flip5 Hadirkan Baterai Tahan Lama dengan Performa Yang Maksimal

Kedua, berpetualang di pegunungan tertutup salju Musim dingin merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan liburan di Pegunungan Alpen, Swiss dengan kemegahan puncaknya yang tertutup salju. Sebagai salah satu pegunungan ternama di dunia, pengunjung dapat menikmati keindahannya lewat berbagai aktivitas berbeda, mulai dari bermain ski, mendaki, atau sekedar bersantai sambil menghirup udara yang segar. Tak hanya itu, pegunungan ini juga menyediakan berbagai fasilitas, termasuk penginapan yang nyaman, tempat wisata berkualitas, serta area perbelanjaan.

Ketiga, mengikuti upacara minum teh tradisional Meski minuman kopi kini banyak digemari, namun keberadaan teh tetap memegang peranan penting, terutama dalam sejarah Korea yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Jika ingin berlibur sambil mempelajari sejarah dan merasakan langsung tradisi kuat yang masih dipertahankan hingga saat ini, datanglah ke Istana Gyeongbokgung di Seoul, Korea Selatan yang memberikan pengenalan akan budaya minum teh, pembuatan kue madu sekaligus tata krama tradisional di bangunan khas Korea yang begitu menawan.

Baca juga : Galaxy Z Flip5 Hadirkan Ponsel Lipat Yang Unik dan Beda Dari Yang Lain

Keempat, jelajahi gurun pasir terkenal di dunia Bagi sebagian orang yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, wisata gurun pasir di Gurun Sahara, Maroko bisa menjadi pilihan yang cukup tepat. Gurun terbesar ketiga di dunia ini menyediakan beragam aktivitas yang dapat memicu adrenalin di tengah hamparan pasir keemasan yang memukau, seperti bermain sand boarding, berpetualang dengan menunggangi unta, hingga menginap dan menikmati langit malam bertabur bintang di tengah padang pasir.

Kelima, mengenal pesona kehidupan bawah laut sama seperti kehidupan satwa liar di daratan yang menakjubkan, kehidupan alam di bawah laut juga menyimpan sejuta pesona. Rasakan pengalaman luar biasa saat melihat langsung kekayaan hayati yang dimiliki oleh surga bawah laut dari jarak yang sangat dekat. Ajak keluarga berlibur ke Great Barrier Reef, Australia dan berjalanlah di sepanjang dasar laut dengan helm selam untuk mengamati kehidupan laut yang mengagumkan di antara keindahan terumbu karang langka berusia 400 tahun.

Baca juga : AC Milan Menang Laga Perdana, Pulisic Bersinar

Namun perlu diingat, rencana liburan yang baik membutuhkan persiapan matang sejak jauh hari. Setelah menentukan ide liburan akhir tahun, carilah informasi mengenai harga tiket pesawat dari negara tujuan wisata dengan mengunjungi beberapa pameran perjalanan yang menawarkan beragam promo menarik. Tak hanya itu, pilihlah juga solusi pembiayaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dana liburan, salah satunya Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank asal Korea Selatan, OK Bank Indonesia. Program KTA dari OK Bank menyediakan fasilitas pinjaman mulai dari Rp3-200 juta dengan suku bunga kompetitif mulai 0,89% yang dapat dicairkan dalam kurun waktu 1 hari kerja. KTA dari OK Bank juga memiliki syarat yang cukup mudah dan jangka waktu tenor yang panjang, mulai dari 12 sampai 60 bulan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Retail Business Development Department Head OK Bank, Hardiansyah Ramadhan dalam keterangan tertulisnya pada media, Jumat (1/9) mengatakan, Liburan akhir tahun tak hanya menjadi momen berkumpul dengan keluarga, namun juga menjadi cara untuk mengurangi kepenatan, menyegarkan diri, mendorong cara berpikir kreatif dan membangun kembali semangat dalam menyambut hari-hari ke depan. Rencana liburan yang baik membutuhkan perhitungan keuangan secara cermat dan solusi pembiayaan yang tepat. "Kami berharap kehadiran KTA OK Bank dapat menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mewujudkan rencana liburan secara bijaksana, tentu dengan tak lupa terus berdisiplin dan hemat dalam pengelolaan anggaran, sehingga kondisi keuangan keluarga tetap terjaga.” tambabnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.