Dark/Light Mode

PIS Gelar Program TJSL BerSEAnergi untuk Laut di SDN 3 Tuban, Bali

Rabu, 8 November 2023 20:16 WIB
Program TJSL BerSEAnergi untuk Laut oleh PT Pertamina International Shipping (PIS), di SDN 3 Tuban, Kabupaten Badung, Bali. (Foto: Dok. PIS)
Program TJSL BerSEAnergi untuk Laut oleh PT Pertamina International Shipping (PIS), di SDN 3 Tuban, Kabupaten Badung, Bali. (Foto: Dok. PIS)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina International Shipping (PIS) melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut”, di SDN 3 Tuban, Kabupaten Badung, Bali. SDN 3 Tuban merupakan sekolah ke-5 yang menjadi lokasi program TJSL tersebut.

Program ini dijalankan dalam bentuk dukungan literasi kelautan. Dukungan ini terdiri dari bantuan alat-alat pendukung kegiatan belajar-mengajar untuk 218 siswa, pemberian 100 buku tematik kelautan, renovasi kelas dan perpustakaan, termasuk perlengkapannya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para pekerja PIS berkolaborasi bersama Persatuan Wanita Patra (PWP) PIS tingkat pusat turut serta menjadi relawan mengajar dalam kelas interaktif dan membacakan buku tentang biota laut bagi siswa sekolah.

Baca juga : Pertamina Gelar Program Sekolah Energi Berdikari Di SMKN 2 Dumai

Manager Stakeholder Management PIS Vega Pita menggarisbawahi pentingnya program ini untuk meningkatkan indeks literasi, khususnya literasi kelautan, mengingat Indonesia merupakan negara maritim, dengan 70 persen wilayahnya adalah lautan.

"Sebagai perusahaan dengan wilayah operasi sebagian besar mencakup laut, PIS berkomitmen untuk mendukung kelestarian ekosistem laut, salah satunya dengan cara memberikan edukasi kelautan. Edukasi ini mencakup pengetahuan pengaruh laut terhadap manusia dan sebaliknya. Dengan menjaga keberlanjutan laut, kita mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar Vega, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (8/11).

Kepala SDN 3 Tuban Ni Made Sukarini menyambut positif dukungan PIS terhadap program ini. Dia mengajak para siswa ini untuk memahami pentingnya pengetahuan tentang laut.

Baca juga : PIS Luncurkan Program BerSEAnergi Untuk Laut

"Saya sangat mengapresiasi PIS memilih sekolah kami sebagai tempat pelaksanaan Program BerSEAnergi untuk Laut ini. Saya pun mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut dan berharap anak-anak usia sekolah dapat mulai peduli terhadap lingkungan laut mengingat lokasi sekolah ini termasuk lokasi pesisir laut," ujarnya.

Inisiatif BerSEAnergi untuk Laut yang merupakan bentuk TJSL PIS yang terintegrasi bertujuan untuk mendukung kelestarian laut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Program ini mencakup kegiatan literasi, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan masyarakat pesisir, coastal clean up, hingga konservasi biota dan ekosistem laut seperti mangrove, terumbu karang dan hiu paus. Inisiatif ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's), utamanya poin 4 terkait pendidikan dan poin 14 menjaga ekosistem laut.

Sebelumnya, PIS telah memberikan bantuan di empat sekolah berupa renovasi perpustakaan, perlengkapan belajar mengajar, serta ratusan buku tematik kelautan dengan total penerima manfaat sebanyak 1.409 siswa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.