Dark/Light Mode

Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Laut

PIS Luncurkan Program BerSEAnergi Untuk Laut

Kamis, 12 Oktober 2023 18:18 WIB
Peluncuran program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Pertamina International Shipping (PIS) berjudul BerSEAnergi untuk Laut di Jakarta, Rabu (11/10). (Foto: Ist)
Peluncuran program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Pertamina International Shipping (PIS) berjudul BerSEAnergi untuk Laut di Jakarta, Rabu (11/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyadari pentingnya peran laut bagi kesejahteraan masyarakat dan masa depan bumi, PT Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berjudul BerSEAnergi untuk Laut di Jakarta, Rabu (11/10). 

BerSEAnergi untuk Laut merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan PIS yang terintegrasi dan bertujuan untuk mendukung kelestarian laut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Program ini mencakup kegiatan mulai dari pendidikan literasi bagi anak usia sekolah yang bertajuk LiteraSEA, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan masyarakat pesisir, coastal clean up, hingga konservasi biota dan ekosistem laut seperti mangrove, terumbu karang dan hiu paus.

Baca juga : BNPT Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Kepada Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya

Peluncuran BerSEAnergi berlangsung di SDS Mutiara 02 Jakarta Utara, pada Rabu (11/10). Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus, Kepala SDS Mutiara 02 Tumi, penggiat lingkungan hidup dan public figure Dimas Anggara, serta pejabat pemerintahan setempat bersama-sama memberikan dukungan terhadap program tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan literasi laut berupa pembangunan ruang perpustakaan, penyediaan buku-buku dan ekstrakurikuler pengenalan laut.

Aryomekka menggarisbawahi pentingnya literasi laut mengingat, yang pertama, rendahnya indeks literasi masyarakat secara umum. Kedua, pentingnya menumbuhkan kecintaan terhadap laut di mana 70 persen wilayah Indonesia merupakan lautan.

"Sebagai perusahaan dengan wilayah operasi sebagian besar mencakup laut, PIS berkomitmen untuk menjaga ekosistem laut, salah satunya dengan cara memberikan edukasi kelautan. Kelestarian laut tentunya akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Aryomekka.

Baca juga : Dubes Turki Talip Kucukcan Tawarkan Program Pertukaran Ulama

Dimas Anggara menyampaikan dukungannya terhadap program ini serta mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut.

"Saya mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut, mengingat kesadaran masyarakat akan laut terutamanya sampah laut di Indonesia masih sangat rendah, oleh karenanya dengan adanya program BerSEAnergi untuk Laut harapannya anak-anak usia sekolah dapat mulai peduli terhadap lingkungan laut seperti saya dikenalkan dunia laut oleh orang tua saya sejak kecil,” ujar Dimas.

Dalam kegiatan tersebut, pekerja-pekerja muda PIS juga turut serta menjadi relawan dalam kelas mengajar melalui interaksi dan diskusi interaktif dengan siswa terkait ekosistem.

Baca juga : Plataran Indonesia Gandeng Bluebird Luncurkan Paket Perjalanan EZTrip

Tidak hanya di SDS Mutiara 02, PIS juga memberikan bantuan kepada tiga sekolah lainnya sebagai bagian dari program ini, yaitu SDN Petojo Utara 01 Jakarta Pusat, SDN Wilulang Kota Cilegon, dan SDS Miftahul Falah Garut. Bantuan mencakup buku-buku literasi kelautan, kegiatan pendampingan berupa pengajaran ekstrakurikuler mengenai kelautan, dan workshop kelautan, serta dukungan perpustakaan yang komprehensif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.