Dark/Light Mode

Tingkatkan Kapasitas SDM, PIS Gelar Senior Officer Seminar

Kamis, 16 November 2023 17:47 WIB
Senior Officer Seminar yang digelar PT Pertamina International Shipping. (Foto: Dok. PIS)
Senior Officer Seminar yang digelar PT Pertamina International Shipping. (Foto: Dok. PIS)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina International Shipping (PIS) menggelar program Senior Officer Seminar, Selasa (14/11). Acara dihadiri 100 Senior Officer PT PIS yang bertugas di berbagai kapal di berbagai penjuru lautan Indonesia dan dunia.

Mengusung tema “Moving Forward to be Global Leader”, pelaksanaan Senior Officer Seminar ini merupakan komitmen PIS dalam pengembangan dan peningkatan kapabilitas SDM khususnya pelaut agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan sesuai standar organisasi kepelautan dan kebutuhan bisnis perusahaan.

Dilaksanakannya Senior Officer Seminar juga sebagai bentuk pemenuhan Tanker Management Self-Assessment (TMSA), sekaligus menekankan pentingnya Safety Management System (SMS), budaya, etika dan nilai perusahaan agar aktivitas bisnis dapat berjalan sesuai dengan aspek tata kelola perusahaan yang baik.

Baca juga : Relawan Gus-Gus Ganjar Gelar Pelatihan Desain Grafis Di Situbondo

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Hartanto, memaparkan pentingnya mengedepankan profesionalisme dan efisiensi di perilaku bisnis pada setiap individu pekerja agar aktivitas bisnis berjalan lancar dan mencapai target. 

CEO PIS Yoki Firnandi menambahkan, pelaut adalah garda depan dari aktivitas bisnis perusahaan. Oleh karena itu, program Senior Officer Seminar merupakan momentum yang baik untuk pelaut PIS sebagai sarana bertukar-pikiran dalam mewujudkan cita-cita perusahaan. 

Dia menyatakan, pertumbuhan bisnis ini tidak hanya bisa diukur dari berapa banyak customer, wilayah, dan armada milik. Harus terjadi perubahan mental bagaimana cara kita mengelola dan memelihara bisnis termasuk kapal. Dengan perubahan mentalitas dan kapabilitas, dapat memberikan yang terbaik untuk pengguna jasa baik dalam dan luar negeri, internal dan eksternal Pertamina.

Baca juga : Tingkatkan Sinergitas Antarlembaga, BNPT Diapresasi

“Maka PIS melalui Senior Officer Seminar merupakan langkah baik untuk menuangkan aspirasi dan menjadi keterbukaan terhadap transformasi dan tantangan yang akan di hadapi bersama untuk perusahaan,” kata Yoki, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (16/11).

Direktur Armada PIS M Irfan Zainul Fikri menyampaikan kondisi dan rencana perusahaan ke depan untuk menggandeng Senior Officer PIS agar menjalankan peran yang lebih strategis dalam mendorong perusahaan lebih agresif lagi berkembang.  

Dalam acara ini juga dibahas berbagai materi terkait wawasan tantangan dan regulasi internasional di dunia perkapalan serta organisasi kemaritiman. Materi diberikan Regional Marine Director Matthews Daniel Capt Mohd Ikbal Arshad, perwakilan Kesatuan Pelaut Indonesia, DNV Class, International Transport Workers’ Federation, dan motivator Merry Riana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.