Dark/Light Mode

Genjot Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pertamina EP Raih Penghargaan Kementerian ESDM

Kamis, 23 November 2023 13:46 WIB
Kementerian ESDM memberikan penghargaan kepada PT Pertamina EP PEP, yang dinilai telah berperan aktif mengupayakan substitusi barang operasi impor dengan barang dalam negeri. (Ilustrasi Istimewa)
Kementerian ESDM memberikan penghargaan kepada PT Pertamina EP PEP, yang dinilai telah berperan aktif mengupayakan substitusi barang operasi impor dengan barang dalam negeri. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penghargaan kepada PT Pertamina EP (PEP), yang dinilai telah berperan aktif mengupayakan substitusi barang operasi impor dengan barang dalam negeri.

PEP berhasil meraih kategori Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan Penggunaan Produk Dalam Negeri dengan Valuasi Terbanyak Periode Oktober 2022 - Oktober 2023 dalam Forum Apresiasi Program Substitusi Impor (PROSUSI) Barang Operasi Hulu Migas.

Baca juga : Genjot Pendapatan Daerah, Pemprov Jatim Gandeng PI 10 Persen WK North Madura II

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariaji menyatakan, apresiasi ini diberikan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri ESDM No. 15/2013 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peraturan Menteri ESDM No. 17/2018 tentang Impor Barang Operasi.

Kebijakan tersebut menjadi pedoman penggunaan produk dalam negeri dan pengawasan impor barang operasi pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi.

Baca juga : Genjot Pelayanan, Midea Hadirkan Showroom dan Training Center Pertama Di Jakarta

“Melalui Program PROSUSI ini, diharapkan dapat mendorong kerjasama dengan pihak-pihak lain terutama Kementerian/Lembaga terkait untuk bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan kemampuan produsen dalam negeri melalui bantuan pendanaan, kapasitas teknologi, keahlian pekerja, insentif fiskal, dan perbaikan peraturan perundangan," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (23/11/2023).

Sementara itu, VP SCM Regional Jawa Pertamina EP Bayu Kusuma Tri Aryanto menyatakan, pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kemampuan teknis yang luar biasa dalam operasi KKKS, tetapi juga menandai komitmen Regional Jawa untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Ke Warga Desa Maron Kediri

“Hal ini sangat penting dalam mendukung ketahanan energi dan ekonomi nasional," kata Bayu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.