Dark/Light Mode

Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Relawan Mak Ganjar Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Ke Warga Desa Maron Kediri

Rabu, 22 November 2023 15:44 WIB
Penyuluhan pertanian bertajuk pembuatan pupuk organik yang diinisiasi sukarelawan Mak Ganjar rupanya memunculkan partisipasi dari ratusan masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah petani. Sejak pagi, warga setempat tampak memadati acara edukasi ini. (Foto: Ist)
Penyuluhan pertanian bertajuk pembuatan pupuk organik yang diinisiasi sukarelawan Mak Ganjar rupanya memunculkan partisipasi dari ratusan masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah petani. Sejak pagi, warga setempat tampak memadati acara edukasi ini. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyuluhan pertanian bertajuk "pembuatan pupuk organik" yang diinisiasi sukarelawan Mak Ganjar rupanya memunculkan partisipasi dari ratusan masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah petani. Sejak pagi, warga setempat tampak memadati acara edukasi ini.

Kegiatan ini dilakukan di Dusun Genang, Desa Maron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/11/2023).

Siti Zulaikha (50) selaku petani setempat mengaku kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Bahkan menurut dia, harga pupuk nonsubsidi yang diperjualbelikan juga cukup mahal.

Baca juga : Keren, Relawan Usbat Ganjar Bersihkan Lingkungan Bareng Warga Di Deli Serdang

"Sulit mas (dapet pupuk subsidi), angel wes," kata dia.

Keberadaan Mak Ganjar dengan penyuluhan pertanian bertajuk "pembuatan pupuk organik" seakan menjawab keresahan yang dialami para petani saat ini.

"Bermanfaat banget wis, ke depanne we iso penuhneh neluh (bisa terpenuhi)," jelas Siti.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Bawang GorengĀ 

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa mengungkapkan pupuk organik yang dibuat ini berasal dari rempah-rempah seperti bawang merah dan buah-buahan yakni nanas dan pisang.

Mak Ganjar menghadirkan pemateri penyuluh pertanian, Hariyanto yang memang ahli di bidang pupuk organik.

Pemakaian pupuk organik, lanjut Hariza, tak hanya bermanfaat dalam menekan biaya produksi, tetapi juga berdampak pada meningkatnya produksi dan memperbaiki lingkungan.

Baca juga : Datang Ke Daerah Padat Penduduk, Relawan Mak Ganjar Sosialisasikan Ganjar-Mahfud

"Kami ingin mengajak mereka untuk lebih sehat baik dari hasil panennya dan juga dari tanahnya jadi beralih sedikit ke pupuk organik jadi sedikit-sedikit untuk mengenalkan mereka biar nanti bisa beralih," kata Hariza.

Dia berharap, Mak Ganjar bisa mendorong tumbuhnya industri kecil berskala rumah tangga untuk memproduksi pupuk organik dengan bahan tergolong murah dan hasilnya bisa diperjualbelikan.

"Sebenernya untuk acara ini selain mereka untuk konsumsi sendiri ya, sebagai konsumsi sendiri, mereka saya berharap bisa terus menjadi pengetahuan baru dan bisa menjadi bisnis baru untuk mereka dan terus diproduksi," ungkap dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.