Dark/Light Mode

Dubes Sandeep Sambangi Airlangga

India Tertarik Bangun Rumah Sakit Di KEK

Sabtu, 25 November 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty di Kantor Kemenko Perekonomian Ja­karta, pada Kamis (23/11). (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty di Kantor Kemenko Perekonomian Ja­karta, pada Kamis (23/11). (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

 Sebelumnya 
Selain itu, India mengharap­kan Indonesia menerima in­vestasi produk otomotif seperti sepeda motor dan ban. Mereka juga mengharapkan Indonesia dapat meminimalkan hambatan non-tarif bagi produk India di pasar Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan In­dia saat ini juga terus berusaha mendapatkan sertifikasi halal un­tuk memenuhi persyaratan ekspor ke Indonesia,” ujar Chakravorty.

Untuk diketahui, Pemerintah Indonesia melalui Badan Penye­lenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) telah menandatangani kesepakatan untuk percepatan penyelesaian asesmen Lembaga Halal Luar Negeri, baik dari India maupun negara lain untuk pengakuan dan penerimaan ser­tifikat halal asing di Indonesia.

Baca juga : Jadi Tersangka, Firli Bahuri Masih Ngantor Di KPK

Sebelumnya, pada awal Novem­ber 2023 Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) juga ber­temu Dubes Chakravorty memba­has peningkatan kerja sama.

“Kedua negara ingin mem­perbesar kerja sama di segala bidang. Karena kita berdua punya potensi yang besar, selain punya sejarah yang panjang,” ujar Zulhas.

Menurutnya, ada banyak bi­dang yang berpotensi untuk kerja sama dengan India, antara lain di pendidikan, kedokteran, obat-obatan, teknologi dan pertanian.

Baca juga : Pemerintah Tambah Standar Biaya Bantuan Rumah Rusak Pasca Bencana

“India mempunyai 1,4 miliar penduduk tapi produksi beras­nya bisa lebih untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Itu me­narik sekali untuk kita belajar. Produksi gulanya juga hampir 27 juta ton,” tuturnya.

Untuk diketahui, India merupa­kan salah satu mitra dagang penting sebagai negara tujuan ekspor terbesar ke-4 bagi Indonesia. India banyak mengimpor bahan baku dari Indonesia seperti minyak ke­lapa sawit untuk industri.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 25/11/2023 dengan judul Dubes Sandeep Sambangi Airlangga, India Tertarik Bangun Rumah Sakit Di KEK

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.