Dark/Light Mode

Kalah Cepat Sama Laos Dan Kamboja

Internet RI Paling Lemot Di ASEAN

Rabu, 29 November 2023 07:10 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Budi Arie mengaku mendapat laporan, hanya 30 persen Apara­tur Sipil Negara (ASN) yang mampu mengadopsi cara kerja secara digital. Kondisi tersebut menjadi pekerjaan rumah yang cukup besar untuk Pemerintah.

“Kalau mau digital dalam hal ekonomi, aparat Pemerintahnya harus paham digital,” katanya.

Karena itu, dia mengimbau para ASN meningkatkan literasi digital. Hal itu seiring dengan digitalisasi yang terus berkembang.

“Literasi, kesadaran, akan digarap terus. Karena yang namanya digitalisasi kan nggak ada kata se­lesai. Ke depan ada yang baru lagi. Seperti SMS dihajar Blackberry, lalu WhatsApp,” kata Budi Arie.

Baca juga : PDI Perjuangan Jabar Gerah Didatangi Aparat

Dia menuturkan, untuk meningkatkan ekonomi digital perlu dibarengi dari birokrasi Pemerin­tah. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung iklim investasi di Tanah Air dan membawa Indo­nesia menjadi negara maju sesuai visi Indonesia Emas 2045.

Di acara yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati justru menagih Budi Arie soal pe­nyelesaian proyek menara Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Menurutnya, Kementerian Kominfo sudah menjanjikan pembangunan ribuan BTS sejak pandemi Covid-19. Meski saat itu janjinya bukan diberikan Budi Arie.

Wanita yang akrab dipanggil Ani ini menekankan, hal itu sudah menjadi tanggung jawab Kominfo untuk menyelesaikannya.

Baca juga : Anies Dan Prabowo Datang, Ganjar Berhalangan Hadir

“Menteri Kominfo yang dulu janjinya 75.000 desa di Indonesia connected digitally dengan BTS, 10.000 Puskesmas harusnya juga connected digitally. Termasuk 240.000 SD dan madrasah juga connected digitally. Jadi, saya nagih sama menterinya yang sekarang,” kata Ani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga mengata­kan, Kementerian Kominfo merupakan satu-satunya lembaga Pemerintah yang anggarannya naik saat pandemi Covid-19.

“Anggarannya untuk pembangunan satelit, fiber optic, BTS dan lain-lain. Beliau (Budi Arie) bilang bukan saya, tapi ya sudah lah, pokoknya kan kementerian­nya,” tutur Ani.

Ani juga menekankan, Pemerintah sangat fokus mengembang­kan infrastruktur digital untuk pe­merataan akses di berbagai daerah dan meningkatkan investasi yang masuk ke Indonesia.

Baca juga : Cuaca Depok Hari Ini Diramal Panas, Apa Akan Hujan? Ini Prakiraan Lengkap BMKG

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 29/11/2023 dengan judul Kalah Cepat Sama Laos Dan Kamboja, Internet RI Paling Lemot Di ASEAN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.