Dark/Light Mode

Hasil Sinergi Pemerintah Pusat, Daerah Dan BI

Inflasi Kita Paling Rendah Di Dunia

Minggu, 3 September 2023 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan arahan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan arahan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inflasi Indonesia tercatat berada di level terkendali pada 3,08 persen bulan Juli 2023. Angka ini diklaim menjadi salah satu yang paling rendah di dunia.

Bahkan, level inflasi yang dibukukan Indonesia ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan sejumlah negara G20.

Baca juga : Panasonic Bantu Pemerintah Kurangi Dampak Polusi Udara Lewat Teknologi Nanoe X

“Angka 3,08 persen ini angka yang baik, karena kita bisa mengendalikan harga barang dan jasa di tengah gejolak global,” kata Presiden Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (31/8).

Jokowi membandingkan be­berapa capaian inflasi di berba­gai negara. Mulai dari Argentina yang berada di level 113 persen, Turki di level 47 persen, India di level 7,4 persen, Uni Eropa level 5,3 persen, hingga Amerika Serikat di level 3,2 persen.

Baca juga : Malaysia Paling Rawan Kecurangan Pemilu

Menurutnya, bila inflasi bisa sampai setinggi Argentina, per­tumbuhan ekonomi sebesar apapun akan tetap tekor.

Jokowi juga memamerkan uniknya penanganan inflasi di Indonesia. Menurutnya, di negara manapun tidak ada yang memiliki strategi penanganan inflasi seperti Indonesia. Se­mua negara hanya melakukan pengendalian inflasi lewat suku bunga Bank Sentral saja.

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemerintah Perkuat Sinergi Pengendalian Inflasi

“Kita kombinasi, ada kebijakan moneter, fiskal dan juga pengece­kan di lapangan langsung. Jadi kalau Bapak Ibu lulusan Harvard, Stanford, Pennsylvania University, nggak ada yang namanya tim pengendalian inflasi. Ini ilmu lapangan,” tegasnya.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sukses pengendalian inflasi ini merupakan hasil sinergi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia (BI) yang efektif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.