Dark/Light Mode

Raih Operasi Penuh Kacab Di Dubai

BSI Perkuat Bisnis Perdagangan Indonesia - UEA Lewat Keuangan Syariah

Jumat, 1 Desember 2023 09:24 WIB
(kanan ke kiri) Menteri BUMN Erick Thohir, Dirut Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi dan Dubes RI untuk UEA Husin Bagis seusai pemerolehan izin usaha kantor cabang penuh, BSI akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menjalankan bisnis internasional di Dubai, Kamis (30/11/2023). (Foto: Dok BSI)
(kanan ke kiri) Menteri BUMN Erick Thohir, Dirut Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi dan Dubes RI untuk UEA Husin Bagis seusai pemerolehan izin usaha kantor cabang penuh, BSI akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menjalankan bisnis internasional di Dubai, Kamis (30/11/2023). (Foto: Dok BSI)

 Sebelumnya 
 “Dengan posisi sebagai pemain global di Dubai, BSI terus memperkuat kolaborasinya dengan bank-bank Islam di wilayah tersebut untuk memasarkan Sukuk,” jelasnya.

Hery menyatakan, inisiatif ini sejalan dengan harapan BSI untuk meningkatkan kontribusinya dalam lanskap keuangan Islam global, yang pada akhirnya membuka jalan bagi BSI untuk meraih visinya, menjadi Top 10 Global Islamic Bank.

Sementara itu, Menteri Erick menyambut baik langkah BSI di pasar global  khususnya di Timur Tengah, seiring dengan diperolehnya lisensi penuh untuk operasional bisnis di Dubai.

Ia berharap, BSI dapat memperkuat kontribusinya dalam mengembangkan bisnis global korporasi Indonesia di UEA dan Timur Tengah maupun Afrika.

Baca juga : Gaet Pasar Jaya, Bank DKI Perkuat Literasi Keuangan Digital Pasar

"Kami juga terus mendorong BSI untuk membantu para pengusaha Indonesia yang ingin melakukan ekspansi di kawasan ini, terutama untuk penguatan industri halal dan keuangan syariah di Tanah Air," kata Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini.

Dukungan tersebut juga menegaskan bahwa, langkah strategis BSI di Dubai mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari pemerintah dalam memajukan ekonomi Indonesia di tingkat global. 

“Saya harap BSI dapat menjadi pelaku utama dalam membawa dampak positif bagi industri halal dan keuangan syariah, memfasilitasi ekspansi pengusaha lokal, dan menjadi kontributor utama pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ucapnya.

Turut Andil Keuangan Syariah Berkelanjutan Global

Tak hanya itu, BSI juga turut hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP28 di Dubai. COP28 merupakan pertemuan tahunan PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) ke-28 yang mendiskusikan langkah-langkah dalam membatasi perubahan iklim di masa depan.

Baca juga : BSI Gandeng Mabes TNI Dorong Inklusi Keuangan Syariah

COP28 dihadiri oleh 104 kepala negara dan 70 ribu partisipan. 

Hery menjelaskan, kehadiran BSI dalam forum ini mengukuhkan komitmen perusahaan untuk terlibat dalam isu-isu lingkungan dan iklim secara global. 

Sebagai bagian dari upaya menyelaraskan diri dengan arus utama pembahasan internasional, BSI berpartisipasi aktif dalam konferensi ini untuk menjajaki potensi kolaborasi dan investasi yang berkelanjutan.

“Sebagai salah satu peserta yang diberikan kehormatan untuk menghadiri acara ini, BSI membawa serta visi dan komitmen untuk memperkuat peran sektor keuangan syariah dalam mendukung inisiatif hijau,” ujarnya.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Pekerja Migran Indonesia, BNPT-BP2MI Jalin Kerja Sama

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, BSI mengakui pentingnya partisipasi aktif dari pemangku kepentingan, termasuk sektor keuangan, dalam menciptakan solusi berkelanjutan.

“Keterlibatan BSI dalam COP28 sejalan dengan komitmen global untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” tegasnya.

Dengan menjadi bagian dari forum ini, Hery mengatakan, BSI tidak hanya berperan sebagai entitas keuangan, tetapi juga sebagai agen perubahan yang mendukung tranformasi ke arah ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.