Dark/Light Mode

Kertajati Operasi Penuh, Angkasa Pura ll Genjot Penerbangan Umrah

Minggu, 29 Oktober 2023 18:16 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat prosesi operasional penuh Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/23). Foto: Istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat prosesi operasional penuh Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/23). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati berpotensi meningkatkan keberangkatan jemaah umrah asal Jawa Barat.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, Angkasa Pura II tengah mengupayakan peningkatan penerbangan umrah di Bandara Kertajati untuk memudahkan masyarakat Jawa Barat.

"Jumlah jemaah umrah di Indonesia pada tahun ini mencapai sekitar 1,5 juta dan sebanyak 60 persen atau sekitar 900 ribu jemaah dilayani di bandara Angkasa Pura lI. Sekitar 80 persen dari 900 ribu jemaah itu dilayani di Bandara Soekarno-Hatta. Kami ingin agar sebagian bisa berpindah dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Kertajati," kata Awaluddin usai prosesi operasional penuh Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/23).

Baca juga : Bos Angkasa Pura ll Minta Akses Dibuat Nyaman Murah

Awaluddin tengah mengupayakan agar 30 persen jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta bisa berpindah ke Bandara Kertajati. Tentunya, jemaah umrah yang berasal dari Jawa Barat.

Untuk kemudian, slot yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta bisa dikembangkan lagi untuk penerbangan internasional dan domestik.

"Terkait penerbangan haji dan umrah, maka maskapai luar negeri yang akan kami ajak membahas adalah maskapai asal timur tengah," jelasnya.

Baca juga : Maknai Sumpah Pemuda, OPSHID FKYME Gelar Baksos Sampai Bantu Pembangunan Rumah

Adapun, Garuda Indonesia dan Lion Air Group juga sudah beberapa kali melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief menyebut potensi penerbangan haji dan umroh melalui Bandara Kartajati sangat baik dan akan semakin meningkat.

"Jawa Barat merupakan provinsi dengan jemaah haji terbanyak. Untuk itu akan kita optimalkan tahun depan seiring dengan adanya kuota tambahan. Kami juga mengimbau penyelenggara umroh dan calon jemaah umroh turut memanfaatkan dan meramaikan Bandara Kertajati," katanya.

Baca juga : Kementan Ajak Perempuan Indonesia Maju Jaga Ketahanan Pangan

Sejalan dengan Bandara Kertajati yang sudah beroperasi penuh ini, Angkasa Pura II mendorong adanya lebih banyak lagi rute-rute domestik.

Untuk diketahui, Bandara Kertajati merupakan terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Kertajati memiliki luas lahan sebesar 1.800 hektar, dengan luas terminal penumpang 121.000 meter persegi dan terminal kargo 90.000 meter persegi, serta panjang runway 3.000 meter x 60 meter.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.