Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PIS-KARPOWERSHIP Jalin Kerja Sama Kembangkan Infrastruktur Energi Bersih

Minggu, 3 Desember 2023 13:40 WIB
Penandatanganan kerja sama antara PIS dan KARPOWERSHIP. (Foto: PIS)
Penandatanganan kerja sama antara PIS dan KARPOWERSHIP. (Foto: PIS)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina International Shipping (PIS), Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PT Pertamina (Persero), resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan ternama asal Turki, KARPOWERSHIP. Kerja sama ini menandai terobosan kerja sama untuk pengembangan infrastuktur energi bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan Indonesia maupun regional dan global.

Penandatanganan kerja sama dilakukan bersamaan dengan berlangsungnya konferensi UNFCCC COP 28 yang memaknai komitmen bersama kedua perusahaan untuk menyediakan energi yang lebih ramah lingkungan untuk menahan pemanasan global di angka 1,5 derajat celcius.

Perjanjian ini ditandatangani CEO PIS Yoki Firnandi dan Founding Partner atau Pendiri KARPOWERSHIP Nuri Dogan Karadeniz. Momen penandatanganan juga disaksikan Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Baca juga : Kembangkan Infrastruktur Energi Bersih, PIS Gandeng Perusahaan Turki

Dengan perjanjian ini, kedua perusahaan akan mengeksplor peluang-peluang bisnis untuk menghadirkan terobosan di lanskap energi, utamanya di Indonesia. Area fokus utama kerja sama ini mencakup kapal pembangkit listrik dengan teknologi powership termutakhir, pengembangan infrastruktur gas cair seperti Floating Liquified Natural Gas (FLNG), proyek infrastruktur LNG hingga Floating Storage Regasification Unit (FSRU), serta distribusi LNG.

Sebagai komitmen dalam mendukung transisi energi yang berkelanjutan, kedua pihak akan bekerja sama dalam studi ekstensif di bidang pengembangan infrastruktur, fasilitas dan pengangkutan bahan bakar energi baru terbarukan di antaranya hidrogen, ammonia, methanol, biofuel, dan lainnya.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, yang menyaksikan momen bersejarah ini mengatakan, ini tak sekadar kerja sama bisnis, melainkan bentuk komitmen untuk menjaga planet dan generasi mendatang. "Pertamina yang merupakan kebanggaan Indonesia di sektor energi, hari ini kembali melakukan lompatan besar bersama mitra bisnisnya untuk bisnis yang berkelanjutan,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (3/12).

Baca juga : Pertamina Serius Kembangkan Potensi Energi Hidrogen, Ini Alasannya

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, kerja sama antara PIS dan KARPOWERSHIP merupakan wujud komitmen transisi energi mendukung Net Zero Emission 2060.

“Kerja sama bukan hanya existing business, tapi juga eksplorasi potensi bisnis lainnya untuk mengoptimalisasi aset-aset yang ada, seperti fasilitas floating mini LNG, floating CNG. Kami yakini pengembangan ini merupakan kunci transisi energi, karena gas merupakan bridging menuju renewable energy,” kata Nicke.

CEO PIS Yoki Firnandi menambahkan, kerja sama ini tidak hanya untuk mencari peluang bisnis, tetapi juga mendorong percepatan perusahaan untuk mewujudkan visi jangka panjangnya. “Bekerja sama dengan global company adalah capaian lagi bagi PIS untuk semakin nyata menjadi perusahaan shipping dan logistik maritim yang ternama di skala global,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik Indonesia, Thailand, China

Upaya kolaboratif ini siap mendorong perubahan positif di sektor energi, dengan menggabungkan keahlian Karpowership di bidang pembangkit listrik modular yang efisien, dan komitmen PIS guna mendukung transisi dan inisasi energi yang berkelanjutan. Kemitraan ini juga diharapakan dapat membentuk kerangka kerja yang fleksibel bagi kedua belah pihak untuk menjajaki bisnis yang menguntungkan dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia, serta mempercepat transisi global menuju sumber energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.