Dark/Light Mode

Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan

Menteri ESDM: Tenaga Hidro Punya Peran Penting Di Dunia

Selasa, 5 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengajak berbagai pihak di dunia mendorong kolaborasi inklusif dalam pengembangan tenaga hidro.

Hal ini penting dilakukan, mengingat sebagian besar po­tensi pembangkit tenaga hidro yang masih belum dimanfaat­kan berada di negara-negara berkembang.

“Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa kita memi­liki energi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan,” tu­tur Arifin di gelaran Conference of Parties ke 28 atau COP28, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (3/12/2023).

Baca juga : Menteri ESDM: Tenaga Hidro, Tulang Punggung Ekonomi Rendah Karbon

Pada acara tersebut, Arifin ber­sama International Hydropower Association (IHA) meluncur­kan Bali Statement, menyusul suksesnya World Hydro Power Congress (WHC) 2023 di Bali, Oktober lalu.

WHC 2023 menyepakati Bali Statement tentang Powering Sustainable Growth, yang me­negaskan kembali peran pem­bangkit listrik tenaga hidro sebagai tulang punggung strategi nasional dalam membangun ekonomi rendah karbon.

Dalam sambutannya, Arifin menyampaikan Bali Statement memberikan empat rekomen­dasi kepada Pemerintah di seluruh dunia.

Baca juga : BAZNAS Salurkan Bantuan Palestina Di Masa Darurat, Pemulihan, Dan Pembangunan

“Pertama, merencanakan ke­butuhan energi di masa depan dengan lebih banyak variabel energi terbarukan. Kedua, mem­berikan insentif pada tenaga hidro yang berkelanjutan mela­lui mekanisme berbasis finansial dan pasar,” ujar Arifin.

Ketiga, mengakselerasi pengembangan energi terbarukan melalui proses perizinan yang transparan dan efisien.

Keempat, memasukkan prak­tik keberlanjutan tenaga hidro ke dalam regulasi dan kewajiban sektor keuangan.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Wakaf Uang, BSI Terbitkan Deposito Wakaf

Arifin juga menyampaikan bahwa tenaga hidro memainkan peran penting dalam sistem energi di seluruh dunia.

Sejalan dengan komitmen Paris Agreement, IEA dalam COP27 menyatakan bahwa tenaga hidro juga mencegah emisi sekitar 3 Gigaton (GT) CO2 per tahun, yang mewakili sekitar 9 persen emisi CO2 tahunan global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.