Dark/Light Mode

Orasi Ilmiah Di Universitas Syiah Kuala Aceh, Teten Suarakan Perjuangan Ekonomi Rakyat

Jumat, 8 Desember 2023 21:04 WIB
Menkop UKM Teten Masduki kedua kiri seusai menyampaikan Orasi Ilmiah di Sidang Terbuka Dalam Rangka Milad Ke-62 di Universitas Syiah Kuala USK, Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/12/2023). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki kedua kiri seusai menyampaikan Orasi Ilmiah di Sidang Terbuka Dalam Rangka Milad Ke-62 di Universitas Syiah Kuala USK, Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/12/2023). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dan Pemerintah dalam mendukung koperasi dan UMKM bertumbuh agar menjadi bagian dari rantai pasok industri tak hanya berjaya di dalam tapi juga di luar negeri.

“Kita harus terus mengutamakan pembangunan ekonomi rakyat, yang seharusnya pula menjadi agenda yang kita tuju. Kalau suara Menteri Koperasi dan UKM, berarti suara perjuangan ekonomi rakyat,” ucapnya saat menyampaikan Orasi Ilmiah di Sidang Terbuka Dalam Rangka Milad Ke-62 di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/12/2023).

Baca juga : Integrasi Data Percepat Penerapan Penggunaan Teknologi

Dalam orasi ilmiahnya yang bertajuk ‘Pembangunan SDM Unggul Berwawasan Entrepreneurship Berbasis Transformasi Digital dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045,’ ia mengatakan, setelah industri sawit, dalam 10 tahun terakhir lahir ekonomi baru yaitu, penciptaan digitalisasi ekonomi, hari ini sudah masuk pada Electric Vehicle (EV).

Namun sayangnya, menurut Teten, transformasi digital Indonesia belum terarah dan lebih banyak berkembang di sektor jasa dan pembiayaan.

Baca juga : Relawan Teras Sahabat SandiUno For Ganjar Gerakan Ekonomi Keluarga Skala Rumahan

Di satu sisi, sebesar 97 persen lapangan pekerjaan kita diciptakan oleh UMKM, tetapi 80 persen kredit perbankan tanah air dinikmati oleh usaha besar.

Pengarusutamaan pembangunan ekonomi rakyat harus menjadi agenda yang harus terus kita perjuangkan.

Baca juga : Bamsoet Ajak Capres-Cawapres Realisasikan Kepemimpinan Digital

Hal itu tegasnya, menjadi pekerjaan rumah bangsa Indonesia, dengan memanfaatkan bonus demografi dengan menghadirkan pelaku usaha dan ekonomi baru untuk menciptakan lapangan kerja baru yang lebih berkualitas dan melakukan evolusi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.