Dark/Light Mode

Gelar Cerita Nusantara

Menteri Teten Tegaskan Pentingnya Peran Agregator Dalam Ekosistem Industri Kriya

Selasa, 28 November 2023 15:59 WIB
Menkop UKM Teten Masduki di acara Cerita Nusantara bertajuk Unveiling The Story of Indonesia Artistry di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/11/2023). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki di acara Cerita Nusantara bertajuk Unveiling The Story of Indonesia Artistry di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/11/2023). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan, peran penting agregator dalam ekosistem pengembangan UMKM terutama di sektor kriya dan wastra di Indonesia.

Sektor kriya dan wastra telah tumbuh dan berkembang menjadi unggulan ekonomi domestik Indonesia, khususnya UMKM. Bahkan bukan hanya produk lama tetapi juga terus mengalami perkembangan produk yang inovatif.

Baca juga : Gencatan Senjata Dimulai, Militer Israel Ingatkan, Perang Di Gaza Belum Berakhir

“Seluruh ekosistem yang hadir hari ini memiliki perkembangan yang luar biasa. Hal ini semakin meyakinkan kita agar lebih optimis dalam mengembangkan kedua sektor tersebut untuk go global. Percaya diri agar produk kita terus go internasional,” katanya dalam acara Cerita Nusantara bertajuk ‘Unveiling The Story of Indonesia Artistry,’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/11/2023).

Sektor Kriya dan Wastra meskipun berbasis akar budaya, namun dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) nya ini terus berkembang dan tumbuh baik, yang akhirnya melahirkan produk maupun model bisnisnya.

Baca juga : Pemda Se-Jabar Terapkan Penggunaan Kartu Kredit Indonesia

Para agregator ini telah melakukan pendampingan, kurasi produk, serta bagaimana mendapatkan pembiayaan dan development produk, termasuk mengakses pasar.

“Para pemain di sektor ini pun sudah puluhan tahun. Untuk itu, kehadiran Cerita Nusantara, tak hanya menjadi wadah apresiasi, tetapi juga menjadi langkah selebrasi terhadap pengembangan ekosistem sektor Kriya dan Wastra hingga hari ini,” ungkap Teten.

Baca juga : Mahfud Ingatkan Pentingnya Penegakan Hukum Dan Pemilu Bermartabat

Teten menekankan, bagaimana Kemenkop UKM menjadi jembatan bersama para kolaborator, untuk mengagregasikan dan mensinergikan semuanya dalam satu ekosistem yang menjadi kekuatan UMKM lokal di sektor Kriya dan Wastra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.