Dark/Light Mode

Kian Diapresiasi, Brand Lokal Indonesia Raih IBBA 2023

Jumat, 15 Desember 2023 08:14 WIB
Sejumlah brand lokal Indonesia kembali meraih apresiasi. Dalam Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 yang diselenggarakan Majalah SWA dan MARS, terdapat ratusan brand asli Indonesia. (Foto: Istimewa)
Sejumlah brand lokal Indonesia kembali meraih apresiasi. Dalam Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 yang diselenggarakan Majalah SWA dan MARS, terdapat ratusan brand asli Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah brand lokal Indonesia kembali meraih apresiasi. Dalam Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 yang diselenggarakan Majalah SWA dan MARS, terdapat ratusan brand asli Indonesia yang selama 21 tahun terakhir ini telah berhasil mendapatkan pengakuan best brand lewat ajang bergengsi tersebut.

Group Chief Editor SWA Media Kemal E Gani mengatakan, brand yang keluar sebagai pemenang IBBA 2023 ini adalah hasil survei yang diselenggarakan MARS dan Majalah SWA dan ini adalah penyelenggaraan yang ke-21.

"Hal tersebut menjadi bukti konsistensi dan komitmen Majalah SWA untuk mendukung brand Indonesia menjadi best brand di dalam negerinya sendiri," ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (15/12/2023).

Selanjuntya, CEO Mars Digital Indonesia Radhi Hersemiaji Kartowisastro berterima kasih kepada Majalah SWA yang masih mempercayai pihaknya sebagai mitra riset hingga 21 tahun.

Baca juga : AP1 dan INFIA Corp Hadirkan Hai Dudu, IP Lokal Indonesia Pertama di Bandara YIA

"Untuk mensurvei Indonesia Best Brand tahun ini kami melibatkan 5000 responden baik itu personal maupun rumah tangga. Dalam survei kami buat dalam 124 kategori produk dan tahun ada banyak nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada," katanya.

Tahun 2023 ini, IBBA dibuka dengan sharing session yang bertajuk 'Navigating Multile Challenge to Become best Brand: Lesson Learnt From The Champion.'

Tiga pemenang tampil sebagai pembicara dalam sesi ini. Mereka membagikan best practice-nya dalam menavigasi multi-tantangan untuk menjadi best brand.

Mereka adalah CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp Salman Subakat, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto dan Head of Marketing Sari Murni Grup Bernando Pardamean.

Baca juga : PLN Indonesia Power Raih 2 Platinum Pada ICA & ISDA 2023

Dalam sesinya, Salman membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi brandnya melewati masa sulit dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia.

Ia menceritakan, dahulu Paragon hanya memiliki Wardah dan setelah 38 tahun sekarang sudah ada 16 brand.

Tetapi tantangan eksternalnya pun tidak kalah sengit, sejak sekitar tahun 2010 di Indonesia ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit.

"Tetapi kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas, jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal," ucap Salman.

Baca juga : Kolaborasi Astra Land Indonesia dan BSDE Lahirkan Township Baru di Cibubur

IBBA 2023 menampilkan nama-nama brand berikut sebagai pemenangnya. Yakni, Momogi, Bridgestone, Meccaya-Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.