Dark/Light Mode

Tepat, Ganjar-Mahfud Bertekad Bangun Indonesia Sampai Desa

Sabtu, 9 Desember 2023 15:34 WIB
Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Lily Tjahjandari. (Foto: Istimewa)
Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Lily Tjahjandari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Lily Tjahjandari mendukung upaya Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang bertekad membawa ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 7 persen. Menurut Lily, dengan peningkatan 7 persen, cita-cita Indonesia Emas 2045 bakal mudah tercapai.

Lily bilang, salah satu syarat pertumbuhan ekonomi sebuah negara adalah pembangunan infrastruktur yang masif. Hal ini telah dilakukan pada pemerintahan Joko Widodo.

Baca juga : Arsjad Rasjid Targetkan Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran

“Ini (pembangunan infrastruktur) menjadi tantangan tersendiri bagi paslon nomor urut tiga untuk melanjutkan, bahkan perlu diperkuat dan diperluas hingga ke desa-desa, untuk membuka simpul-simpul ekonomi baru," kata Lily, Sabtu (9/12/2023).

Menurut Lily, paslon nomor urut tiga harus didukung oleh semua pihak dan dipacu membangun pertumbuhan ekonomi sampai minimal tujuh persen. Jika kurang dari 7 persen, maka cita-cita Indonesia Emas sulit tercapai.

Baca juga : Senafas Jokowi, Ganjar Bangun IKN Realisasikan Mimpi Besar Bung Karno

“Pertumbuhan tanpa pemerataan hanya menimbulkan ketimpangan sosial ekonomi, ketimpangan antara kota dan daerah, kota dan desa, kelas sosial, makanya pusat-pusat pertumbuhan baru harus diciptakan," ungkapnya.

Misalnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terus dibangun sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru. Namun juga untuk mengurangi beban dan penumpukkan orang di Jakarta. 

Baca juga : Dantara Yakin Duet Ganjar-Mahfud Bisa Percepat Pembangunan IKN Nusantara

Selain itu, agar pertumbuhan ekonomi berlanjut, Ganjar-Mahfud perlu terus memaksimalkan pembangunan infrastruktur maupun ekosistem ekonomi digital.

"Pembangunan infrastruktur digital menjadi sangat strategis untuk meningkatkan ekonomi anak muda menyelaraskan dengan trend ekonomi global saat ini," tutur dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.