Dark/Light Mode

Top! 573 UMK Binaan Pertamina Sukses Naik Kelas di Program UMK Academy

Jumat, 15 Desember 2023 08:30 WIB
Top! 573 UMK Binaan Pertamina Sukses Naik Kelas di Program UMK Academy

 Sebelumnya 
UMK Academy Pertamina tekankan inovasi berkelanjutan, terutama Go Green, untuk dorong bisnis ramah lingkungan dengan fokus pada bahan baku, kemasan, manajemen sampah, dan optimalisasi produksi demi memperluas akses pasar ekspor.

Seperti Astryani, pemilik Jawa Classic, memulai usaha di tahun 1999 dan bergabung dengan Pertamina sejak 2022.

Produknya seperti rak, kursi, dan kitchenware telah diekspor ke 5 benua, terutama diminati di Eropa sebagai konsumen utama.

Baca juga : TPD DKI Jakarta: Ganjar Sukses Yakinkan Rakyat Di Debat Perdana

“Saya sangat beruntung lolos kurasi dan masuk di kelas Go Global, selama masa pelatihan saya mendapat banyak sekali materi pembelajaran yang sangat bermanfaat, seperti pemasaran, mengurus perijinan, cara mendisplay produk ketika pameran, serta tata cara ekspor, dan saya ucapkan terimakasih kepada Pertamina atas kesempatan yang telah diberikan, semoga kedepannya akan ada lagi pelatihan yang akan semakin menambah ilmu untuk semakin mengembangkan usaha kami,” ucapnya.

Hal serupa dirasakan Sugihatta Hendrata Kuswono, pemilik Berkah Borneo, UMK Banjarmasin, berfokus pada industri minuman, khususnya produksi minuman teh probiotik atau Kombucha. I

Dia bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas pendampingan di kelas Go Online.

Baca juga : Tingkatkan Keterampilan Siswa, Sharp Resmikan Sharp Class di SMKN 29 Jakarta

“Kami dihadapkan pada tantangan untuk menjadi kreatif dan mencari peluang melalui platform digital seperti Google Business, media sosial, website, dan Adsense untuk meningkatkan performa usaha”, Ucap Sugihatta sebagai UMK binaan Rumah BUMN Balikpapan.

Fajriyah menuturkan, graduation day UMK Academy 2023, telah menandai puncak perjalanan transformasi bagi para lulusan, yang menunjukkan dedikasi luar biasa terhadap pengembangan profesional mereka.

“Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Pertamina untuk menumbuhkan potensi dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dan peluang dalam lanskap bisnis yang dinamis saat ini,” pungkasnya.

Baca juga : Peringkat ESG Pertamina Naik, Jadi Nomor Satu Dunia

Kegiatan pembinaan UMK melalui program UMK Academy ini merupakan bentuk dukungan dalam Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya point 8, yakni mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, yang juga menjadi bagian dari Environment, Social and Governance (ESG).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.