Dark/Light Mode

Turis Lansia Sukses Kelabui Petugas Pakai Visa Palsu

Sabtu, 25 November 2023 08:11 WIB
Ninoy Aquino International Airport, Filipina. (Foto: Istimewa)
Ninoy Aquino International Airport, Filipina. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turis lansia (lanjut usia) asal Jepang, Yoshiaki Nakamura (64) sukses menipu petugas bandara Filipina. Ia ketahuan masuk Filipina pakai visa palsu pas mau pulang ke Jepang.

Dilansir Kantor Berita Filipina, PNA, kakek Nakamura datang ke Filipina menggunakan special resident retiree’s Visa (SSRV). Visa jenis tersebut memperbolehkan orang asing untuk tinggal di Filipina tanpa batas waktu dengan hak masuk/keluar lebih dari satu kali.

Baca juga : BNI dan Ringkas Kolaborasi Permudah Masyarakat Miliki Rumah

Pada Minggu (19/11/2023), Nakamura hendak pulang ke Osaka. ia terbang dari Bandara internasional Ninoy Aquino menggunakan penerbangan Philipines Airlines.

Saat diperiksa, petugas imigrasi curiga pada visa Nakamura. Ia dirujuk untuk pemeriksaan sekunder terkait visa palsu. Setelah menjalani validasi, petugas menemukan bahwa visa yang ditempel di paspor Nakamura palsu.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Sukses Gelar Pembagian Sembako Di Jakpus

“Tindakan tersebut melanggar undangundang imigrasi Filipina dan meng akibatkan konsekuensi serius,” kata Komisaris Biro imigrasi Filipina, Norman Tansingco.

Akibat perbuatannya, Nakamura ditahan di Fasilitas Biro imigrasi di Bicutan, Kota Taguig sambil menunggu proses deportasi.

Baca juga : Menhub Launcing Kota Tidore Kepulauan Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2023

Pada saat yang sama, Kepala Biro imigrasi memperingatkan semua warga negara asing tentang bahaya memiliki dokumen palsu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.