Dark/Light Mode

Demi Ketahanan Pangan, Akses KUR Dipermudah

Airlangga Happy Dialog Dengan Petani Milenial

Sabtu, 16 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). (Foto: ekon.go.id)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). (Foto: ekon.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, diperlukan kerja sama dengan stakeholders terkait. Salah satunya dengan petani milenial atau petani berusia muda, yang mempunyai peran besar ikut serta mendukung program ketahanan pangan.

Pemerintah terus berupaya memberikan akses pasar lebih luas bagi hasil pertanian un­tuk membantu meningkatkan kesejahteraan para petani. Un­tuk semakin membuka akses pasar tersebut, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya.

Upaya itu, antara lain meningkatkan infrastruktur subsektor pendukung seperti transportasi dan pergudangan, serta perdagangan ritel dan mendorong kemitraan dengan penjamin (offtaker).

Baca juga : Pimpinan Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya: Mahfud Sedarah Dengan Kami

Selain itu, memberikan insen­tif berupa dukungan permodalan seperti subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemerintah juga telah me­nambah alokasi pupuk subsidi dari 7,7 juta ton pada 2022 men­jadi 7,8 juta ton pada 2023,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, Pemerintah sedang membenahi sistem pemberian pu­puk subsidi dengan memvalidasi data. Memastikan penyaluran pu­puk sesuai dengan perencanaan dan standar operasional prosedur, serta melakukan realokasi distri­busi pupuk subsidi.

Baca juga : Gerindra Utamakan Pilpres

Dalam kunjungan tersebut, Airlangga melakukan temu wicara dengan sekitar 300 petani milenial dan menjelaskan lang­kah-langkah yang telah diambil oleh Pemerintah.

Airlangga mengungkapkan rasa senangnya bisa bertemu dan berdialog langsung dengan semua petani milenial dari Ka­bupaten Lamongan yang hadir.

Untuk memperbanyak jumlah petani milenial, Pemerintah sudah menjalankan beberapa hal seperti modernitas sistem Politeknik Per­tanian, memanfaatkan teknologi digital, menyediakan fasilitas pendanaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta mendukung dan mendorong inovasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.