Dark/Light Mode

BCA Fasilitasi UMKM Binaan Raih Sertifikasi Halal

Selasa, 19 Desember 2023 10:16 WIB
BCA menggelar Workshop Sertifikat Halal untuk UMKM yang dibina oleh BCA sebanyak 60 UMKM di wilayah Jabodetabek untuk kedua kalinya. (Foto: Dok. BCA)
BCA menggelar Workshop Sertifikat Halal untuk UMKM yang dibina oleh BCA sebanyak 60 UMKM di wilayah Jabodetabek untuk kedua kalinya. (Foto: Dok. BCA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA menggelar Workshop Sertifikat Halal untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang dibina oleh BCA sebanyak 60 UMKM di wilayah Jabodetabek untuk kedua kalinya.

Vice President Divisi Komersial dan SME (Small Medium Enterprise) BCA Suryawati Widjaja mengatakan, melalui kegiatan workshop ini, UMKM akan menerima pelatihan terkait pendaftaran sertifikasi halal self-declare, dengan tujuan agar UMKM dapat mandiri dalam memperoleh sertifikasi halal untuk produk-produk mereka.

"Melihat permintaan yang sangat tinggi terhadap produk-produk bersertifikasi halal, BCA kembali mengadakan program pelatihan sertifikasi halal bagi para UMKM agar mereka dapat dengan mudah meningkatkan mutu dagangannya,” ucap Suryawati di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Baca juga : Top! 573 UMK Binaan Pertamina Sukses Naik Kelas di Program UMK Academy

BCA ujar Suryawati berkomitmen untuk senantiasa mendukung perkembangan bisnis UMKM, dan melalui workshop sertifikasi halal ini, diharapkan dapat membantu UMKM menjadi lebih mandiri dalam meningkatkan kualitas produk mereka dan merangsang pertumbuhan penjualannya.

Tidak hanya fasilitas penerbitan sertifikat halal, BCA juga memfasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM yang mengikuti acara ini.

“Penerbitan NIB bagi UMKM dilakukan secara online dibantu oleh Tim Garda Transfumi sebelum pelatihan berlangsung,” ujarnya.

Baca juga : Terima Kasih Pak Jokowi Menggema Saat Wamen ATR Serahkan Sertipikat Di Gowa

Hal ini dilakukan dalam rangka BCA ikut mendorong Pelaku UMKM mempunyai dokumen legalitas yang lengkap, sehingga dapat memperoleh lebih banyak akses untuk mengembangkan bisnisnya.

Suryawati mengatakan, BCA telah secara konsisten menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk memperoleh sertifikat halal dan NIB bagi UMKM.

Tahun ini, BCA telah berkomitmen untuk memberikan bantuan serupa kepada UMKM di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan provinsi lainnya yang memiliki kebutuhan produk halal.

Baca juga : OJK Gelar Sosialisasi Tindak Pidana Sektor Jasa Keuangan

Ia menegaskan, pemberdayaan UMKM terus menjadi fokus utama BCA.

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menunjukkan bahwa omzet pelaku usaha rata-rata meningkat 8,5 persen setelah memperoleh sertifikat halal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.