Dark/Light Mode

Dukung Kelancaran Penyeberangan Di Lintas Merak-Bakauheni

ASDP Alihkan Truk Besar Ke Pelabuhan Ciwandan

Minggu, 24 Desember 2023 07:20 WIB
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin. (Foto: Antara)
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan pengalihan kendaraan golongan VIII dan IX (truk besar) di Lintasan Merak-Bakauheni ke Pelabuhan Ciwandan mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). Langkah tersebut diambil untuk mendukung kelancaran angkutan penyeberangan pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengungkapkan, berdasarkan data pada periode 21 Desember 2023 pukul 08.00 WIB, hingga 22 Desember 2023 pukul 08.00 WIB, sudah menunjukkan ke­naikkan trafik penumpang pe­nyeberangan.

“Pada H-4 mencapai 44.963 orang, (penumpang) naik 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu,” kata Shelvy dalam keterangan resmi, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga : Bentuk Pola Pikir Pengembangan Usaha BUM Desa Lewat Pelatihan Angkatan XX

Shelvy menyampaikan, reg­ulasi pengalihan kendaraan diambil didasarkan pada Su­rat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubung­an Darat nomor AP.003/3/4/DJPD/2023 dan AP.003/3/6/DJPD/2023 perihal Pelaksanaan Pengoperasian Kapal Angkutan Penyeberangan Lintas Ciwan­dan-Bakauheni.

Khusus kendaraan golongan VIII dan IX yang semula melalui lintasan Merak-Bakauheni, dia­lihkan ke Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo.

“Bagi yang sudah membeli tiket keberangkatan melalui Pelabuhan Merak, akan tetap diberangkatkan dan dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan,” jelasnya.

Baca juga : Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Kendalikan Lingkungan

Empat kapal telah dioperasikan untuk melayani kendaraan golongan VIII dan IX. Di antaranya KMP (Kapal Motor Penumpang) Pan­orama Nusantara milik PT Jem­batan Nusantara, KMP Kumala milik PT Dharma Lautan Utama, KMP (Kapal Motor Penumpang) Trimas Fhadila milik PT Tri Sakti Lautan Mas, dan KMP Royce 1 milik PT Damai Lintas Bahari.

Setiap kapal berkapasitas lebih dari 5.000 GRT (Gross Register Tonnage) dan akan beroperasi 24 jam.

Adapun estimasi waktu per­jalanan atau sailing time selama 120 menit menuju Pelabuhan Bakauheni, dengan waktu bong­kar muat dan klaim tiket diper­kirakan sekitar 60 menit.

Baca juga : Teriakan Kemenangan Dari Ribuan Masyarakat Sambut Ganjar Di Tana Toraja

Shelvy menuturkan, ASDP juga telah menyiapkan fasilitas umum. Seperti loket, tenda area tunggu, petugas posko, dan mobile toilet guna mendukung kenyamanan pengguna jasa.

“Menilik jumlah pengguna jasa pada H-4 yang sudah men­capai lebih dari 40 ribu orang, diperkirakan masih akan terus bertambah hingga 23 Desem­ber,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.