Dark/Light Mode

Stasiun Pasar Senen Tersibuk

Libur Nataru, Jumlah Penumpang KA Dari Jakarta Meningkat, Bisa Tembus 700 Ribu

Senin, 25 Desember 2023 07:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menyapa penumpang cilik saat meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta, di masa libur Nataru, Minggu (24/12/2023). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menyapa penumpang cilik saat meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta, di masa libur Nataru, Minggu (24/12/2023). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau situasi arus mudik di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/12).

Stasiun Pasar Senen menjadi stasiun tersibuk pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Saat ini, produktivitas penumpang kereta api yang berangkat dari Jakarta, baik melalui Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir, mengalami peningkatan.

 

Suasana Stasiun Pasar Senen Jakarta, Minggu (24/12/2023). (Foto: BKIP Kemenhub)


Tahun lalu, penumpang selama masa Nataru berjumlah 600 ribu orang. Sekarang ini, bisa mencapai sekitar 700 ribu orang. 

Baca juga : Sambut Libur Nataru, Pj Gubernur Jateng Pastikan Tol Solo-Yogyakarta Dibuka 22 Desember

"Jadi, signifikan dan makin produktif, karena jumlah penumpang yang dari keluar dari Jakarta ke daerah, dan yang dari daerah ke Jakarta, itu sama banyaknya," tutur Menhub.

Secara keseluruhan, PT KAI Daop I menyediakan sekitar 773 ribu seat di masa Nataru (21 Desember 2023 - 7 Januari 2024) atau 42.958 seat per hari.

Berdasarkan data, Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 166.592 penumpang pada 21-24 Desember 2023. Dengan tujuan perjalanan Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

Dalam tinjauannya, Menhub menyapa para penumpang di stasiun Pasar Senen dan meninjau perjalanan kereta api Jayabaya relasi Pasar Senen - Malang.

Baca juga : Tarian Nusantara Meriahkan Peresmian Amigos De Indonesia

Menhub memastikan, petugas memberikan pelayanan dengan baik. Sehingga, perjalanan penumpang di Stasiun Pasar Senen berjalan lancar.

"Masa liburan ini, saya minta kepada PT KAI dan Dirjen KA untuk melakukan suatu kegiatan kolaborasi. Karena apa yang akan kita lakukan ini adalah untuk melayani masyarakat. Bapak Presiden memberikan note kepada kami para menteri, agar melaksanakan kegiatan Nataru dengan aman dan nyaman," imbuhnya.

Menhub menyampaikan terima kasih kepada KAI, TNI/Polri serta seluruh stakeholder di sektor perkeretaapian yang telah berkolaborasi melancarkan perjalanan masyarakat selama masa Nataru.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Iwan Eka Saputra mengatakan, penumpang kereta api di wilayah Daop I tahun ini diperkirakan naik sekitar 20 persen, dibanding tahun lalu. Didominasi penumpang kereta api ekonomi.

Baca juga : Museum Lawang Sewu Hadirkan Miniatur Lokomotif Terbesar Se-Indonesia

"Sebagaimana arahan Pak Menhub, kami akan memperhatikan aspek-aspek pelayanan, keselamatan, dan keamanan dari para penumpang," tuturnya.

Di masa Nataru tahun ini, PT KAI Daop I Jakarta menyediakan 1.319 perjalanan kereta api (KA) atau sekitar 73 perjalanan KA per harinya.

Terdapat 184 KA tambahan atau sekitar 10 perjalanan KA tambahan per harinya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Rizal Wasal, Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa, Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya, dan Direktur Operasional KAI Awan Hermawan turut serta dalam kegiatan peninjauan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.