Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Kolombia Tatang Razam

Tarian Nusantara Meriahkan Peresmian Amigos De Indonesia

Rabu, 4 Oktober 2023 06:24 WIB
Dubes Tatang Razak (ketiga kanan) saat meresmikan Amigos de Indonesia di Colegio Nuestra Senora De Nazareth, Sabtu, 30 September 2023. (Foto KBRI Bogota)
Dubes Tatang Razak (ketiga kanan) saat meresmikan Amigos de Indonesia di Colegio Nuestra Senora De Nazareth, Sabtu, 30 September 2023. (Foto KBRI Bogota)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bogota bersama Colegio Nuestra Senora De Nazareth meresmikan pembentukan Amigos de Indonesia alias Friends of Indonesia di Kolombia, Sabtu (30/9). Sejumlah tarian Nusantara memeriahkan acara keakraban itu.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/10), Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kolombia Tatang Razak menjelaskan, Amigos de Indonesia merupakan perkumpulan diaspora dan sahabat Indonesia di Kolombia yang aktif memperkenalkan, mempromosikan dan menampilkan Indonesia.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Turki Bercengkrama Dengan Masyarakat Indonesia

Dia berterima kasih pada Rektor Colegio Nuestra Senora De Nazareth, Erica Carillo Gonzalez dan jajarannya, yang membantu mewujudkan pembentukan Amigos de Indonesia.

People-to-people contact yang kuat merupakan salah satu sasaran utama dari misi KBRI Bogota. Amigos de Indonesia ini membantu misi kami menyebarkan pemahaman mengenai Indonesia,” jelasnya.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kamboja Ajak Pengusaha Kamboja Ke TEI Dan Halal Expo

Sebelumnya, KBRI Bogota membuka Casa de Indonesia, yang merupakan Pusat Budaya Indonesia yang mengajarkan berbagai produk seni dan budaya Indonesia, seperti bahasa, tarian, bahkan menawarkan pelatihan membatik. Selain pelatihan tari, KBRI Bogota juga memberikan dukungan pada pelaksanaan ekstrakulikuler badminton, yang merupakan olah raga populer di Indonesia, yang diadakan Colegio Nuestra Senora De Nazareth.

Dalam puncak acara peresmian Amigos de Indonesia ditampilkan pertunjukan seni dan budaya Indonesia. Penampilan pertama dibuka dua remaja putri Kolombia yang dengan luwes menarikan Tari Merak, yang berhasil memukau ribuan penonton. Kemudian dilanjutkan tarian berjudul Mbok Jamu, yang menggambarkan penjual jamu gendong layaknya di Indonesia.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi Resmikan Pengurus Muhammadiyah Jepang

Penampilan tari Yapong khas Betawi juga tidak kalah mengundang decak kagum penonton yang hadir. Tak hanya menampilkan budaya dari Pulau Jawa, pertunjukkan berikutnya adalah Tari Piring asal Sumatera Barat yang sukses dibawakan para siswa. Tarian pada sesi berikutnya adalah tarian Bajidor Kahot. Menutup gelaran acara di sore itu, Dubes Tatang beserta jajaran KBRI Bogota bersama ratusan pengunjung menari bersama-sama, Poco-Poco dan Gemufamire.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.