Dark/Light Mode

Partai Paling Populer Versi Litbang Kompas

Ace: Modal Penting Golkar Menangi Pemilu 2024

Rabu, 24 Mei 2023 18:34 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram airlanggahartarto_official)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram airlanggahartarto_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar menjadi partai politik paling populer di antara parpol peserta Pemilu 2024. Berdasar survei Litbang Kompas, Beringin menjadi partai dengan tingkat pengenalan dan kesukaan tertinggi.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan, tingkat pengenalan dan kesukaan yang tinggi terhadap Beringin jadi modal penting untuk menang di Pemilu 2024. Partainya pun optimistis bisa memenangkan Pemilu 2024.

"Golkar menurut survei Litbang Kompas paling tertinggi dalam pengenalan dan kesukaannya. Logisnya jika popularitasnya dan kesukaan paling tinggi, harusnya elektabilitasnya juga tinggi," kata Kang Ace dalam keterangannya, Rabu (25/5).

Ace melihat, kesukaan dan kepopuleran Golkar menunjukkan bahwa masyarakat merasakan kerja-kerja partai yang saat ini dipimpin Airlangga Hartarto.

Baca juga : Partai Garuda: Yang Kritik Menteri Maju Di Pemilu 2024 Kena Paranoid Politik!

Sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga punya kinerja yang baik dalam memperbaiki ekonomi. Terutama selama Pandemi.

Selain kesuksesan kinerja kader Beringin di pemerintahan, Wakil Ketua Umum DPP Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) ini mengatakan, kader-kader Golkar lain di berbagai lini juga terasa manfaatnya di akar rumput.

"Jadi alhamdulillah Partai Golkar dinilai publik memainkan peran-peran yang sangat strategis dan menyebarkan manfaat," tutur Ketua DPD Golkar Jawa Barat (Jabar) ini.

Sebagai informasi, hasil survei Litbang Kompas yang berlangsung 29 April hingga 10 Mei 2023 menunjukkan, tingkat pengenalan atau kepopuleran Partai Golkar mencapai 86 persen. Berhasil mengungguli PDI Perjuangan dengan angka 83,8 persen di urutan kedua.

Baca juga : PPP Mulai Konsolidasi Menangkan Ganjar Pranowo Di Pemilu 2024

Disusul Partai Demokrat di urutan ketiga dengan 83,5 persen, dan keempat Partai Gerindra 81,2 persen. Sedangkan hasil survei pada tingkat kesukaan, Golkar berada di urutan kedua dengan tingkat kesukaan 51,4 persen. Golkar hanya kalah dari Partai Demokrat yang memiliki tingkat kesukaan di angka 56,7 persen.

Peneliti senior Litbang Kompas, Yohan Wahyu mengatakan, jika melihat hasil survei ini, Golkar diprediksi tetap berada di papan atas pada Pemilu 2024.

Dia menyarankan, jika Golkar ingin mencapai puncak perolehan suara di Pemilu mendatang, butuh menyiapkan sosok dengan daya tarik elektoral yang kuat.

"Golkar diuntungkan memiliki basis pemilih loyal yang diperhitungkan," kata Wahyu.

Baca juga : Srikandi Ganjar Kalteng Gelar Pelatihan Public Speaking

Survei Litbang Kompas melibatkan 1.200 responden. Metode pengambilan sampel dengan sistem bertingkat di 38 provinsi. Margin of error survei sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.