Dark/Light Mode

Kemenperin Garap Standar Baterai Motor Listrik

Jumat, 29 Desember 2023 09:29 WIB
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Ist)
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong adanya standar baterai motor listrik. Hal ini untuk memudahkan pengguna motor listrik tukaran baterai.

“Sejak 1,5 tahun lalu, kami mendorong adanya standar baterai motor listrik. Sehingga semua baterai motor listrik memiliki standar yang sama,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat paparan paparan kinerja akhir tahun di Bali, Kamis (28/12/2023).

Baca juga : Kemenperin Turunkan Tim Penanganan Kecelakaan Kerja Di Pabrik Nikel Morowali

Dengan adanya standar baterai, pengguna motor listrik dari Aceh bisa nyaman sampai Papua karena baterainya bisa ditukar-tukar. “Saya sudah sampaikan masalah standar inu dari 1,5 tahun lalu,” ujarnya.

Dalam pengembangan standar motor listrik ini, dilakukan dengan bottom up bukan top down. Karena itu, kata dia, pihaknya teris melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak untuk menyusun standar motor listrik ini. 

Baca juga : Kemenhub Gencar Garap Infrastruktur Lewat Pembiayaan Kreatif

“Kami bicara dengan produsen baterai, produsen motor listrik dan PLN,” katanya. “Mudah-mudahan tahun depan ada sebuah terobosan standar baterai untuk motor listrik,” paparnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.